Memanfaatkan Media Sosial Maupun Komunitas Di Internet dengan Baik

Saat ini era globalisasi semakin berkembang dengan begitu pesat. Setiap manusia pun juga dapat merasakan perkembangan globalisasi tersebut. Sehingga mau tidak mau manusia harus beradaptasi dengan era globalisasi. Jika tidak, maka mereka akan terseleksi dalam artian bahwa bisa saja mereka tidak akan semaju maupun semodern manusia yang dengan mudah bisa beradaptasi.

Di era era globalisasi ini, manusia dituntut dengan semua kebutuhan yang serba cepat dan instan. Hal itu memicu perkembangan teknologi yang begitu besar bahkan tak terkendali. Perkembangan teknologi yang tak hanya sebatas pada teknologi pada mesin. Namun, juga barang-barang yang kecil seperti handphone. Bahkan sesuatu yang tak terlihat (bukan suatu benda) namun bisa digunakan, misalnya internet.

Internet. Kata internet sudah sudah tak asing lagi di telinga kita. Internet merupakan teknologi baru sebagai salah satu pendukung berkembangnya globalisasi. Setiap orang pasti mengenal internet, sampai kakek nenek pun bahkan banyak yang menggunakannya. Apalagi remaja yang pada umumnya selalu mencari hal-hal yang baru. Saat ini internet tidak hanya dapat ditemukan di daerah perkotaan, namun telah banyak masyarakat pedesaan maupun pelosok yang menggunakannya. Biaya untuk mengaksesnya pun juga tak terlalu membebani sehingga masyarakat rela menyisihkan uangnya demi mengakses internet.

Dalam penggunaanya internet mempunyai dampak positif dan negatif. Dampak tersebut dapat memengaruhi pemakainya. Dampak itu akan lebih mudah memengaruhi remaja dari pada orang dewasa maupun orang tua. Sedangkan apa yang diperoleh remaja merupakan toggak keberhasilannya dimasa yang akan datang. Sehingga akan lebih baik jika dampak negatif dari internet lebih diminimalisir bahkan kalau bisa dihilangkan. Cara tersebut dapat ditempuh dengan kesadaran pengguna internet itu sendiri. Misalnya dengan tidak menggunakan internet sebagai media untuk penipuan khususnya dalam bisnis. Selain itu tidak menggunakan  internet sebagai media sosial untuk menyakiti hati orang lain dengan tulisan yang diupdate. Dengan kesadaran pengguna internet itu sendiri, maka internet tidak akan menjadi sebuah ajang pengaruh negatif. Namun, menjadi media sosial yang bermanfaat bagi manusia.

Sebagai manusia yang lebih sempurna dari makhluk ciptaan Tuhan lainnya, alangkah lebih baiknya jika manusia memanfaatkan internet sebagai pendukung globalisasi dengan sebaik mungkin. Yaitu dengan memanfaatkan dan mengambil dampak positifnya. Salah satunya adalah untuk memperluas jaringan pertemanan antar negara. Untuk mewujudkannya kita dapat membentuk sebuah komunitas baik di internet. Komunitas yang dibentuk tersebut terdiri dari manusia yang mempunyai hobi maupun kesamaan dalam berbagai profesi, cita-cita, dll. Dalam komunitas itu pengguna internet dapat sharing maupun berdiskusi. Dalam komunitas itu juga manusia akan lebih mengenal satu sama lain. Sehingga, akan timbul pertemanan antar negara. Selain itu mereka juga akan lebih fasih dalam bahasa asing. Karena kemampuan mereka akan diasah dengan percakapan-percakapan menggunakan bahasa yang tak biasa mereka gunakan dalam bahasa sehari-hari. Dengan pertemanan antar negara itu manusia tidak hanya mengenal teman yang berada di lingkungan sekitarnya. Sehingga wawasan mereka akan lebih luas dengan pertemanan yang mencakup banyak negara.

Memperluas jaringan pertemanan antar negara khususnya melalui internet sangat penting. Karena akan menambah wawasan yang dimiliki oleh manusia. Selain itu, mereka juga bisa bertukar pengalaman, pengetahuan dan menghilangkan perbedaan satu sama lain dengan tidak meninggalkan budaya daerahnya. Sehingga, wawasan yang mereka dapat tidak hanya sekedar mencakup di lingkungan mereka. Dengan begitu maka, perkembangan internet di era globalisasi ini benar-benar membuahkan dampak positif. (Apr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s