Kutemukan Hal Baru dalam ‘Simposium Penelitian 2013’

Yogyakarta, 21 September 2013, 19.59 wib
@kamar_kos

ft uny

Assalamu’alaikum teman😀

Bagaimana kabarnya? Semoga temen-temen selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Kali ini ketika kutulis postingan ini, aku berada di kos sendiri cz temen sekamar sedang pergi cari makan (jadi sepi dehh,,). Berbeda dengan postingan yang lain, aku akan bercerita tentang salah satu acara di kampus yang dilaksanakan tadi, yaitu Simposium Penelitian 2013. Acara ini bertempat di KPLT fakultas Teknik UNY.

Cekidot!!! d^_^b

Cerita tentang Simposium Penelitian dulu yaaahh J acara ini tidak hanya dikhususkan untuk mahasiswa calon anggota UKM Penelitian namun mahasiswa yang tidak ikut UKM Penelitian pun juga bisa ikut. Acara ini diadakan oleh Forum Berlima (Forum Bersama Lembaga Ilmiah Mahasiswa) yang merupakan forum kerjasama antara universitas dan fakultas di UNY sehingga dapat menyelaraskan tujuan yang ingin dicapai secara bersama-sama dibidang penelitian. Berdasarkan buletin yang aku baca dengan mengikuti Simposium ini diharapkan mahasiswa baru dapat memiliki gambaran tentang penelitian dan lebih termotivasi untuk meneliti sehingga dapat menyalurkan bakat menelitinya. Menurutku kita akan rugi (rugi besar malahan) jika kita tidak mengikuti Simposium ini, karena bagiku sendiri aku tidak hanya mendapatkan suatu hal yang telah kutulis bercetak miring + underline tadi namun aku juga termotivasi untuk semakin berani mewujudkan mimpi. Dan aku tahu ternyata dibalik kesuksesan kakak-kakak UKMP yang bisa ke Luar Negeri itu juga berawal dari mimpi-mimpi kecil. Bahkan kak Ninda dan kak Janu juga membuat Dream List seperti yang telah ku buat dan mungkin juga mereka dulu orang kecil sepertiku dan sekarang mereka telah menjadi mahasiswa luar biasa. Jujur,,,, aku sangat terinspirasi dengan motivasi-motivasi yang mereka berikan. Terutama kak Janu yang menjadi peserta Summer School Utrecht 2013 ke Belanda, luar biasa banget deh siapa yang nggak mau berprestasi seperti beliau.

Back to Simposium Penelitian 2013, berdasarkan surat edaran acara ini dimulai jam 07.00 tapi tidak sesuai dengan fakta. Dan jujur saja aku sempat kecewa, bagaimana tidak coba jauh-jauh aku dari Gunungkidul –cz mudik- dingin lagi + ngebut ngejar waktu jam 07.00. Ehh sampai sana apa coba, yang datang baru seperempatnya. Terus acaranya itu sebenernya dimulai jam 08.00 wib. Dimulai dengan pembukaan, acara inti, talkshow, hiburan, penutupan.

Acara inti diisi oleh bp Pujianto, M. Pd beliau ini merupakan dosen fisika FMIPA UNY. Materi yang beliau sampaikan berjudul “Sukses melalui Penelitian : Siapa Takut?”. Dan asal temen-temen tahu ya,, materinya itu sangat sangat bermanfaat, rugi deh kalau nggak ikut simposium ini.

Setelah itu dilanjutkan dengan acara talkshow oleh maahasiswa berprestasi disetiap fakultas. Di acara itu para mapres berbagi cerita tentang pengalaman terutama tentang dunia penelitian yang telah mereka geluti. Sebagian besar mapres ada yang telah keliling Indonesia bahkan pergi ke luar negeri gara-gara penelitian. Siapa juga yang nggak mau seperti mereka.

Selesai acara talkshow dilanjutkan dengan hiburan oleh salah satu band (tapi aku lupa namanya) dari FBS (Fakultas Bahasa dan Sastra). Setelah itu acara penutup, dan akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu datang juga, PULAAAANG.

Sekian cerita dariku😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s