Pengalaman Mendaftar sebagai Calon Mahasisiswa STSN 2013

STSN

Setiap langkah adalah pengalaman, dan bagiku pengalaman harus selalu diabadikan.

Saat ini aku sudah melalui perjuangan besar untuk UN. Namun, tak hanya sampai di situ karena masih ada perjuangan yang lebih besar lainnya yang harus aku laksanakan. Salah satunya mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi. Aku memang mempunyai cita-cita untuk meneruskan ke salah satu PTN terbesar di negara ini, Negara Indonesia. PTN yang setiap orang mengetahui tentang kebesaran PTN itu. Namun, aku juga berusaha untuk mendaftar di PTK yang aku impikan, salah satunya STSN. Dan impianku untuk menjadi mahasiswa STSN berkobar ketika aku menduduki kelas X SMA.

Langkah itu dimulai ketika pembukaan pendaftaran mahasiswa STSN secara on line pada tanggal 1 April 2013. Hampir tiap hari aku membuka website STSN namun belum juga ada pengumuman pendaftaran. Akhirnya aku males banget untuk buka website STSN sampai beberapa hari. Aku mulai lagi buka website STSN pada tanggal 1 April 2013 sekitar jam 23.00 wib dan aku sungguh terkejut. Why? Pendaftaran dimulai jam 15.00 wib 1 april 2013 namun saat itu jam 23.00 wib sudah sekitar 2100 (kalau ga salah) pendaftar. Padahal pendaftaran akan ditutup tanggal 12 april 2013 atau jika sudah mencapai 3000 pendaftar. Aku berfikir belum ada 24 jam saja pendaftar sudah segitu banyaknya, berarti ga sampai 2 hari pun paling udah ditutup. Aku bingung banget malam itu, karena aku ga bisa daftar pada saat itu juga. Aku cuma buka website pakai hp dan ga punya modem, gimana mau daftar? Akhirnya aku memutuskan untuk berangkat sekolah pagi-pagi dan pinjam modem temanku yang juga mau daftar. Jujur aku ga bisa tidur malam itu.

Jam 6 kurang aku sudah berangkat, dan itu pertama kalinya saat Try Out aku berangkat lebih pagi dari teman-temanku. Saat temanku datang aku langsung pinjam modem, dan karena itu modem milik teman akhirnya dia duluan yang daftar. Bel tanda Try Out pun berbunyi, aku langsung masuk kelas dengan perasaan yang khawatir kalau pendaftaran ditutup, sedangkan temanku sudah daftar duluan, aku ? belum sama sekali. Try Out pertama sudah selesai dan waktu istirahat aku mencoba kembali untuk mendaftar. Tapi, waktu aku buka website SPMB STSN pendaftaran telah ditutup dan dibuka kembali pukul 14.00 wib. Sedangkan jam 14.00 wib aku harus mengikuti tutor kimia. Terpaksanya aku harus ijin meninggkan tutor (pulang duluan) kemudian daftar pada saat itu juga karena aku tidak akan menyia-nyiakan waktu. Dengan penuh hati-hati aku mengisi formulir yang disediakan. Akhirnya selesai juga pendaftaran onlinenya. Lega rasanya.

Berdasarkan waktu yang telah dijadwalkan tanggal 24 April 2013 aku harus registrasi ke tempat yang telah aku pilih ketika menggisi formulir. Pada saat itu aku memilih tempat yang paling dekat untuk registrasi yaitu Semarang tepatnya di SMA N 1 Semarang. Tempat registrasi lain : Bogor, Medan, Lampung, Surabaya. Semua berkas sudah lengkap tanggal 23 April 2013 malam, tinggal berangkat pagi harinya. Aku dan temanku berangkat pakai travel, berangkat jam 06.00 pagi dan sampai di Semarang sekitar pukul 13.30, terus pulangnya dari jam 14.30 sampai rumah jam 21.20. Untuk registrasi hanya butuh beberapa menit, karena berkas yang aku bawa hanya dicap dan mencocokkan nilai raport dengan nilai yang aku isikan online. Beberapa menit itu juga aku mulai galau, karena waktu tes STSN sama dengan waktu tes PTK lain yang telah aku daftar sebelumnya. Aku bingung, aku bingung, aku bingung, aku bingung, aku bingung mau pilih PTK yang telah aku daftar atau STSN. Sampai dirumah aku membicarakan hal ini dengan keluargaku. Keputusan terakhir aku akan mengikuti tes PTK lain yang telah aku daftar sebelum STSN. Sampai saat itulah pengalamanku mendaftar sebagai calon mahasiswa STSN berakhir. Aku pikir itu bukanlah hal yang mengecewakan karena mungkin Allah menyuruhku untuk belajar dan focus untuk tes SNMPTN dan SBMPTN. Dan semoga Allah mengabulkan cita-citaku untuk bisa kuliah di kampus yang aku cita-citakan, ITB, karena jujur saja hatiku sepenuhnya hanya untuk ITB.

Tips untuk adik-adik yang yang mau daftar STSN 2014 maupun tahun berikutnya :
1. Sering-sering buka website STSN, jangan sampai ketinggalan info apalagi kalau pendaftaran sampai ditutup karena kuota sudah penuh.
2. Niatkan sepenuhnya untuk mendaftar menjadi mahasiswa STSN, jangan niatnya setengah-setengah.
3. Yang paling penting restu orang tua dan doa.
4. Belajar yang rajin ya buat tes STSN🙂

Semga sukses🙂

Leave a Reply

