Perjuangan Menjadi Taruni STMKG

Assalamualaikum wr wb

Syukur dan syukur hanya pantas dihaturkan kepada Allah yang Maha Penyayang. Hingga dipagi hari ini masih diberi kesempatan untuk berbagi cerita perjuangan menjadi taruni STMKG.

Note :

Mulai 2013 nama AMG berubah menjadi STMKG, tapi pas nulis postingan ini udah terlanjur pke AMG. Gpp yakk..😀 intinya sama kok

Ok gaes cekidot >>>>🙂

Di postingan sebelumnya kan pernah bilang mau berbagi cerita, ok sekarang lunas ya ceritanya, ini nih🙂

Tahun ini adalah kali kedua aku mendaftar ptb AMG setelah tahun lalu juga sempet daftar tapi belum lulus di tes TKA. Tahun lalu sempet kuliah juga di jogja selama satu tahun, trus tahun ini keterima AMG jadinya pindah ke sini.

Jadi pas pendaftaran itu aku masih ragu mau daftar lagi ga. Dengan berbagai pertimbangan dengan orang tua alhasil aku pun memutuskan untuk mendaftar ptb AMG dihari terakhir. Nah waktu itu aku tuh ga tau kalau pendaftaran ditutup jam 15.00 kan tak kirain jam 24.00 kaya pendaftaran perguruan tinggi lain. Sedangkan aku rencana baru daftar ngisi form di web ptb AMG aja jam 17.00, ah udah pasrah waktu itu. Eh ga taunya ternyata di bagian atas web ada keterangan ‘Pendaftaran diperpanjang sampai tanggal 25’. Alhamdulillah bersyukur banget dah. Tapi masi sama juga, aku daftarnya juga hari terakhir tanggal 25. Yeah lega akhirnya proses pendaftaran selese, tinggal nunggu tes.

First test. Tes pertama itu adalah TKD, soalnya pilihan ganda ya tentang yang dasar-dasar gitu. Waktu itu aku ga belajar sama sekali coba, cuma belajar ga sampe 10 soal yang sinonim antonym di buku sipencatar AMG cs waktu itu juga aku lagi sibuk kuliah banyak tugas juga menjelang ujian semester.

Nah waktu tes TKD kan diurutin abjad, ya jelaslah aku dapat duluan. Aku dapat hari senin siang. Sedangkan pada waktu itu aku ada kuliah praktikum ARL (Alat Ukur Listrik), ya bagaimanapun aku tetap ijin kuliah. Gubrakkk waktu tes itu aku tuh ga menyangka klo soalnya itu jauh dari yang aku perkirakan. Perkiraankukan seperti tes dasar SBMPTN itu eh ternyata malah tentang kepegawaian, sejarah (kerajaan dll), politik, PKN, kaya gitulah. Alamak setahun ini akukan belajar fisika, mana bisa ngerjain soal gituan walaupun dasar juga aku udah lupa, beneran deh. Udahlah aku pasrah, apapun hasilnya Allah itu punya rencana terindah.

Jreng jrengggggg… pengumuman pengumumannnn

Pengumuman tes TKD pun diumumkan, aku lulus🙂 ah senangnya waktu itu. Eh tapi kok bisa ya?? Aku pun juga bingung, hahaha. Tau lah, bersyukur saja, itu semua udah rencana Allah🙂

Tes TKA pun segera tiba…

Yuhuuu.. tes TKA. Entahlah aku optimis banget waktu itu. Sama seperti TKD aku juga cuma belajar dikit cs waktu itu kan pas libur minggu tenang seminggu sebelum ujian semester, jadi aku lebih banyak nyiapin buat ujian. Test TKA itu yang diujiin matematika, fisika, dan bahasa inggris.

Kok bisa sih aku optimis banget?? Okkk jadi gini ceritanya. Tahun lalu aku kan juga udah ikut tes TKA nah tipe soalnya kan aku dah tau seperti apa. Dan tuh soal adalah materi dasar kuliah dijurusan fisika. Sedikit info aja ya jadi klo kuliah di fisika itu yang dipelajari fisika dan matematika. Banyakan sih matematika integral dan diferensial tapi udah yang tingkat lanjut. Nah klo jurusan matematika yang dipelajari ya hanya matematika doang. Jadi sekali menyelam sambil minum air, belajar buat ujian semester tapi juga sambil belajar TKA gitu.

Ok lanjut ke tes TKA ya🙂 Aku ikut tes kontingen jogja, waktu itu tes dilaksanakan di Universitas Mercubuana Yogyakarta. Aku diantar bapakku pke motor dari rumah sekitar satu jam. Nah disana juga aku telat, huhhh bingung cari tempat dudukku yang mana malu-maluin banget telat, jadi perhatian orang banyak juga jadinya:/ Soal udah dapet, tempat duduk juga udah, pas itu ga langsung tak kerjain. Tenangin diri dulu, aku tuh tipe orang yang ga bisa ngerjain soal dalam keadaan kaya gitu. Setelah tenang aku mulai mengisi data diri dan ngerjain soal.

Pas ngerjain soal banyak juga yang ga bisa, aduh gimana nih, aku tetep optimis bahwa aku bisa. Yang jelas banyakin doa juga. Nah disitu kan ada dua tipe soal ada yang mudah dan sulit **ya iyalah** hmm mungkin bagi yang baru lulus tahun itu juga lebih mudah yang udah pernah dipelajari di SMA. Namun, berhubung aku lulusan tahun lalu aku udah banyakan lupa rumus matematika dan fisika walaupun dasar juga. Alhasil aku mencari soal yang kira-kira itu materi kuliah, ga begitu banyak sih tapi Alhamdulillah Allah memberikan jalan dan ada sedikit juga rumus SMA yang masih keinget jadi sempet ngerjain juga. Eitss itu khusus matematika dan fisika ya. Lain halnya dengan bahasa inggris. Aku tuh dari dulu males belajar bahasa inggris jadinya ya cuman membatik lembar jawab aja, haha. Tapi ga tau juga lah waktu pengumuman aku dinyatakan lulus. Alhamdulillah yaa Allah, seneng banget waktu pengumuman itu.

Lanjut ke tes ketiga, tes kesehatan

Di tes kesehatan itu juga aku lagi sibuk-sibuknya ikut panitia organisasi kampus. Trus ya tesnya itukan di rumah sakit daerah sedangkan RS yang bagian poli itu bukanya cuma sampe jam 11.00 an jadinya harus bolak-balik rumah sakit sampe 3 hari. Waktu buat tes kesehatan itu juga mepet banget  cs pas awal-awal aku ga bisa ke RS karena ya itu lagi ikut kepanitiaan sama ada proker sub bidang juga di UKM universitas. Klo ngomongin tes kesehatan sih siap-siap aja semuanya dites, masuk aja semua poli di RS. Aku sih optimis juga waktu itu cs aku sehat walafiat ga ada penyakit. Tapi juga sedikit was-was sih sebenernya. Tinggiku itu ngepas banget 156 cm, tapi tetep bersyukur kok. Aku kan mikirnya gini, klo semisal ada temen yang hasil tesnya itu sama kaya aku tapi cuma beda tinggi 0,5 cm aja kan aku mikirnya pasti dialah yang keterima. Tapi ya sudahlah semuanya aku ikhtiarkan kepada Allah, yang ada hanyalah tinggal menunggu hasil. Oh iya biaya buat test kesehatan waktu itu aku habis sekitar 500an rb kayaknya. Itukan juga udah tes ketiga, kecewa banget kan klo ga lolos, maka dari itu aku banyakin berdoa kepada Allah supaya Allah memberikan yang terbaik. Alhamdullillah pas pengumuman namaku tercantum disitu, artinya aku dinyatakan lulus :’)

Lanjut ke tes wawancara, tes terakhir

Ini nih yang bikin senam jantung. Tes terakhir menn, aku harus bisa pokoknya aku harus bisa. Berbagai upaya aku lakukan. Nah disitu aku ikut grup fb yang berhubungan dengan pendaftaran AMG. Agak telat sih sebenernya, namun apa boleh buat mending telatkan dari pada ga sama sekali. Waktu itu ikutinin terus deh info-infonya, dan info yang aku dapet dari situ ada wawancara yang pke bahasa inggris ditanyain ttg diri sendiri, ttg cuaca, blabla yang berhungan dengan itu. Busyett… aku yang sama sekali ga suka bahasa inggris ga tau harus bagaimana. Yang jelas seminggu sebelum wawancara itu aku belajar bahasa inggris gila-gilaan gituah pokoknya. Sampe-sampe aku bicara sama benda pke bahasa inggris oh iya sama ortuku juga. Ah biarin, masa bodo diketawain orang ga tak pikirin yang penting aku keterima dengan usahaku. Nah pas tes wawancara ya biasalah ditanyain tentang apa yang diisi di form. Klo yang bahasa inggris itu ternyata tergantung penanyanya. Klo aku cuma disuruh memerkenalkan diri pke bahasa inggris, tapi ada juga temenku yang ditanya ini itu trus jawabnya bahasa inggris. Yang jelas persiapan aja deh, ga ada salahnya juga kan belajar bahasa inggris. Malahan sekarang aku cinta dengan bahasa inggris walaupun bahasa inggrisku masih berantakan juga, yang penting kita mau usaha. Karena Allah melihat proses (usaha) kita bukan hasil. Pengumuman-pengumuman… Alhamdulillah aku dinyatakan lulus menjadi calon taruni AMG. Ya Allah seneng banget rasanya, usaha selama ini terbayar sudah.

Dan pada akhirnya dengan pertimbangan orangtua juga aku pun memutuskan mengundurkan diri dari kampusku yang lama. Dan sekarang belajar di kampus AMG.

Sedikit cerita ya🙂

Gara-gara persiapan wawancara bahasa inggris itu sekarang aku jadi seneng banget dengan bahasa ingris. Aku sadar betapa pentingnya bahasa inggris itu, hingga saat ini aku pun telah memutuskan untuk ikut kursus bahasa inggris. Dari dulu aku punya impian bisa kuliah di luar negeri, sedangkan nanti aku akan lulus dengan gelar Diploma 4 maka kesempatan untuk mewujudkan impianku itupun semakin kecil. Namun aku takkan pernah menyerah, aku akan tetap memerjuangkan impianku bisa kuliah di luar negeri yang terpenting sekarang adalah aku harus bisa bahasa inggris. Target terbesar setelah lulus dari AMG nanti adalah aku ingin TOEFLku diatas 550, banyak relasi dengan siapapun, dan lulus dengan predikat cumlaude paling ga 5 besar di jurusanku. Bismillah.. semoga Allah memberikan yang terbaik. Yang pentig kita terus berusaha dan berdoa. Semangattttt memerjuangkan impian !!!!

Oh iya rencananya postingan yang berhubungan dengan kampus AMG akan aku posting menggunakan bahasa inggris, jadi klo ada yang salah semisal vocab ataupun grammar dll dimohon untuk membenarkan. Bukannya apa-apa, aku hanya ingin belajar supaya vocabku selama ini tidak hilang dan begitu juga grammarku🙂

Note :

Tulisan ini hanya bersifat pengalaman pribadi, tidak ada maksud lain selain berbagi pengalaman dengan harapan bisa membantu bagi teman-teman yang mau mendaftar AMG khususnya. Jika ada yang mau sharing tentang gimana pendaftaran ataupun tes AMG insyaAllah saya terbuka, tinggal komen saja dibagian komentar atau menghubungi fb atw twitter. Saya sangat senang jika bisa membantu teman-teman sekalian. Oh iya klo mau sharing tentang kuliah jurusan fisika boleh juga kok.

Fighting to reach our dream🙂

Wasalamualaikum wr wb

Bintaro, 16 September 2014

09.34 wib

55 thoughts on “Perjuangan Menjadi Taruni STMKG

  1. Kak, pemeriksaan test kesehatannya benar benar detail diliat dr atas sampai bawah tubuh kak? Semacam test polri gitu yang sampai sampai *maaf* di suruh melepaskan seluruh pakaian?

  2. Assalaamualaikum kak. Salam kenal:)
    Mau tanya kak. Saat diterima sbg taruni.. Membayar skitar 6,8 jt ya kak? Itu bs dicicil gak kak? Trima kasih

  3. Kak mau tanya itu tes kesehatannya tidak boleh di rsu swasta ya? Jadi semua poli itu dimasukin semua? Kalo swasta kan bisa malem prakteknya juga

  4. Kak, maaf mau tanya klu tes kesehatan apa benar diminta untuk buka semua pakaian (maaf “telanjang”) katanya periksa kulit dan anus? Apakah benar demikian kak? Dan apakah itu berlaku juga untuk perempuan? Terimakasih

  5. Assalamualaikum kak,
    Maaf mau nanya nih, kalau dari TKD yang diterima itu semua yg memenuhi nilang ambang batas? Nggak ditentuin jumlahnya?

    1. Waalaikumsalam🙂
      Iya dek, harus memenuhi nilai yang ditentukan. Kalau jumlah orangnya waktu angkatan saya tidak ditentukan sehingga yang memenuhi nilai itu lah yg lolos TKD.
      Semangat dek, saya tunggu di STMKG😉

Leave a Reply

