Catatan Schotalk #1 SB Mataram

Pemateri : Raeni

  • Student of London School of Economics and Political Science

(Postingan ini merupakan hasil percakapan melalui WhatsApp, semoga bermanfaat🙂 Semangat meraih mimpi !!)

Assalamualaikum,

Hiii semuanya,,,

Bagaimana kabarnya niii?

Saya Raeni, Alhamdulillah sedang menempuh studi di University of Birmingham untuk program Master of Science in International Accounting and Finance…

Sebuah kehormatan bagi saya bisa mengikuti diskusi dengan kawan-kawan semua di Indonesia setidaknya bisa mengurangi rasa kangen saya terhadap Indonesia.

Ok, saya mulai dari yang pertama yaa,,,

perjalanan saat memperjuangkan beasiswa dari mulai kuliah S1 hingga lulus dan menerima beasiswa LPDP

Wow, tentu ini sangat panjang karena kalau dihitung dari saya SMK sampai sekarang itu lebih kurang 8 tahun dan sekarang harus disampaikan dalam 5 menit karena saya lebih suka tanya jawab,,

Mohon maaf kalau agak lama membalasnya karena saya sudah menyiapkan via recording tetapi ternyata tidak memungkinkan jadi saya ketik ulang.

Ok,,

Saya suka mengutip dari movie ‘Akeela’

“Our deepest fear is not that we are inadequate. Our deepest fear is that we are powerful beyond measure. We ask ourselves, Who am I to be brilliant, gorgeous, talented, fabulous? Actually, who are you not to be? Your playing small does not serve the world. We were born to make manifest the glory of God that is within us. It’s not just in some of us; it’s in everyone. And as we let our own light shine, we unconsciously give other people permission to do the same. As we are liberated from our own fear, our presence automatically liberates others.”

Jadi intinya, kalau saya niatkan untuk melakukan yang terbaik untuk mendapatkan ridho Sang Maha Pencipta sebagai rasa syukur saya diberikan anugerah yang luar  biasa.

Alhamdulillah saya senang sekali bisa berkenalan dengan kawan-kawan semua yang tentunya sangat menginspirasi saya karena kawan-kawan punya semangat yang luar biasa. Brilliant!

Sebenarnya saya bingung menyampaikannya dari mana karena saya mendapat permintaan dari panitia untuk menyampaikan tentang

perjalanan saat memperjuangkan beasiswa dari mulai kuliah S1 hingga lulus dan menerima beasiswa LPDP

beasiswa LPDP

destinasi ke UK

alur pendaftaran, berkas, tips trik lolos beasiswa, poin plus yang dilihat saat seleksi, berapa tahap seleksi yang harus dilalui

pelatihan, pembinaan atau kegiatan khusus dari beasiswa tersebut

Saya mulai saat saya menempuh studi S1 dulu yaaa..

Karena saya adalah mahasiswa bidikmisi saat itu jadi saya harus bertanggung jawab untuk setiap benefit yang saya nikmati dari pemerintah. Oleh karena itu saya berusaha untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan berkontribusi dalam kegiatan organisasi maupun pengabdian masyarakat di kampus maupun luar kampus untuk melatih soft skill saya.

Tentu, tidak hanya niat,tetapi juga action melalui usaha, doa baik saya sendiri maupun orang tua, dan tawakal karena sudah ada yang mengatur semua ini.

Setelah selesai menempuh saya ingin melanjutkan studi di UK, alhamdulillah sekarang sedang menempuh studi,

Karena

English speaking country

Culture

Budaya akademik disini yang mendorong mahasiswa untuk bekerja keras, cerdas, jujur, penuh etika, dan tetap mempertimbangkan probabilitas karena semuanya tidak ada yang fix kecuali matematika. Hehehe..

Dan lebih khususny UoB karena Bapak Wamenkeu adalah Alumni UoB.

Ok.. Another important point is planning..

Membuat jadwal dan target di setiap action yg dilakukan itu sangat penting,, tetapi kembali ke point bahwasanya manusia hanya bisa berusaha dan berdoa

Ok, utk selanjutnya yaitu ttg LPDP, saya sangat bersyukur menjadi bagian dari penerima beasiswa LPDP. Apabila kawan2 semua ada yang ingin mendaftar, yg pertama di cek adalah jadwal, karena tahap ini menentukan langkah kawan2 semua..

Ketika saya ditanya tips nya,

1. Tentu yang pertama adalah
2. Buka website
3. Baca panduan
4. Download booklet lengkapnya karena setiap detail informasi ada dalam booklet dan setiap periode mungkin berbeda,
5. Explorasi diri dan memantaskan diri karena yang menjadi kunci utama adalah masing-masing individu
6. Buka web sahabatbeasiswa.com

Karena saya mendapat informasi yg berharga dari web tsb.

Utk materiny sampai disini yaa,, karena saya suka dg tanya jawab silakan kalau ada yg mau bertanya,,

Akhir kata sebelum saya tutup

Saya suka dg quote John F Kennedy,

‘Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country’

Wassalamualaikum Wr Wb.

Tanya 1 :

Kak Raeni, tolong sharing pengalamannya dong buat dapetin LOA dari kampus yg dituju, bagaimana caranya? Terimakasih

LOA:

Untuk mendapatkan LoA, setiap kampus dan masing-masing negara memiliki kriteria yang berbeda-beda

Cek website admission kampus yang akan dituju,

Pelajari secara detail persyaratan yang diminta, e.g in the USA, harus menyertakan hasil test GMAT atau GRE selain

Toefl iBT

Untuk personal statement, pelajari juga panduan dari universitas karena masing2 juga mempunyai kriteria yang berbeda.

Jadi intinya, untuk persiapkan, baca, baca, baca dan refleksi diri, apa kelebihan dan kekurangan masing-masin individu sehingga ketika mendaftar kekurangan tersebut sudah dapat tertutupi dengan kelebihan yang dimiliki.

Tanya 2 :

Apa saja tips untuk merancang proposal penelitian yang sesuai dengan tema prioritas dari lpdp, khususnya untuk progam studi yang belum tercantum di website lpdp

Terkait proposal penelitian,

Mas Rusli mau melanjutkan S2 atau S3, karena untuk program saya, saya tidak memelurkan proposal penelitian ketika mendaftar S2, hanya pada univ tertentu saya harus membuat essay. Jadi saya memohon maaf belum bisa menceritakan lebih detail karena belum kapasitas saya.

Tanya 3 :

Bagaimana cara meyakinkan pewawancara LPDP bahwa kak raeny pantas menjadi seorang awerdee? Ada tips khusus gak untuk menjawab pertanyaan? Dan apa yang menjadi point penting pada saat penulisan essay? saya adalah pemburu beasiswa LPDP untuk jalur afirmasi dan akan apply pada akhir tahun ini. Terimakasih

Cara meyakinkan LPDP adalah refleksi diri terlebih dahulu bagaimana kontribusi kita saat ini dan kontribusi yang akan kita lakukan selanjutnya dan yakinkan bahwa ketika wawancara, saudara menjadi diri saudara sendiri dan tidak perlu menjadi orang lain karena psikolog akan mengetahuinya dari gaya berbicara saudara.

Terkait essay, sampaikan kontribusi apa yang telah saudara lakukan dan planning di masa mendatang. Walaupun sebagai ketua atau sie dalam org tertentu apabila penulisannya dapat dikemas dalam tulisan yang menarik inshaa Allah akan sangat bermanfaat.

Tanya 4 :

Apakah keikutsertaan dalam organisasi selama kuliah memiliki point yg besar untuk mendapatkan beasiswa LPDP? Misal hanya ikut satu organisasi saja apa masih memiliki kesempatan mendapat beasiswa LPDP? Terimakasih

Point penting disini adalah kontribusi yang bisa diberikan walaupun sekecil apapun. Mungkin suatu hal yang kecil ini bisa berdampak besar. Ketika mengikuti 10 organisasi tetapi tidak ada peran yang diberikan, apakah ada manfaatnya?

Cek ted talk ini bagus.

http://www.ted.com/talks/harish_manwani_profit_s_not_always_the_point?language=en

Jadi tetap semangat untuk berkontribusi!

Tanya 5 :

Miss, ini Nita dr kelas bilingual 2014 yg pernah diajar miss Raeni, ditunggu di unnes biar bisa sharing2 lgsg, Saya mau tanya, UoB pny program summer school gak? Saya pengen ikut. Dan kira2 apa yg perlu Saya siapkan utk dpt LoA dan lolos beasiswa lpdp, krn Saya masih pny wkt ckp pjg, pengen prepare early aja. Mksh

Brilliant!

Apabila ingin menjadi awardee LPDP, cek –> syarat yang harus dipenuhi, breakdown masing-masing yang dibutuhkan, ukur kelebihan dan kekurangan,

persiapkan masing-masing sebaik mungkin sejak sekarang.

Tanya 6 :

Bagaimana cara kak raeni agar tetap termotivasi dalam mencapai setiap impian?

Motivasi, selalu ingat tujuan hidup. Ketika sedang down saya sharing kepada orang yang bisa membuat saya termotivasi kembali yaitu orang tua. Karena beliau selalu mengingatkan saya agar selalu bersyukur atas setiap nikmat yang saya terima karena itu adalah yang terbaik untuk saya.

Tanya 7 :

Saya salah satu mahasiswi kesehatan di perguruan tinggi swasta di Bandung. Bagaimana peluang kita sebagai mahasiswa pts untuk mendapatkan beasiswa di UK? Karena terkadang, ptn lebih diutamakan dibandingkan pts. Jadi kadang suka minder juga sih.

Rekan saya dari swasta banyak juga yang kuliah program master mbak. Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama, yang membedakan adalah kontribusi apa yang bisa dilakukan. Teman saya ada juga dari PTS yang mendapatkan BPRI. Jadi tetap semangat dan positif thinking yaa…

Tanya 8:

Hello kak! Mau nanya nih. Bedanya University of Birmingham dengan University College Birmingham apa yah atau sama2 satu Universitas?
Terus, saya mahasiswa komunikasi tapi tertarik dengan tourism kalau di university of birmingham ada master of tourism gak, kak? Saya nyari kok gak nemu2. Terimakasih

University of Birmingham http://www.birmingham.ac.uk/index.aspx dg University of College Birmingham http://www.ucb.ac.uk/home.aspx berbeda mas.

Setahu saya di UoB ada MA International Heritage Management.

Tanya 9 :

Mba raeny saya ingin bertanya, apakah universitas di UK menerima student untuk program master lulusan D IV? Share dong mba di UK universitas mana saja yang mba tau recommended untk program master jurusan public policy. Makasi banyak ya mbak..

Universitas di UK, sepengatahuan saya juga menerima alumni D4 mbak karena ada beberapa alumni STAN yang melanjutkan studi di University of Birmingham. Terkait rekomendasi univ mana, menurut saya check universitas yang mbak inginkan atau ada kakak tingkat yang alumni sana. Karena prioritas setiap orang beda-beda dan check pula modul untuk masing-masing mata kuliah apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Terima kasih atas kontribusi kawan-kawan dalam diskusi yang menarik ini. Saya memohon maaf apabila terdapat kekhilafan. Semoga sharing ini dapat bermanfaat.

Pesan saya: Kenali passion, eksplorasi diri, dan lakukan yang terbaik sebagai manifestasi rasa syukur atas setiap nikmat yang kita terima.

Wassalamualaikum Wr Wb

Boleh kak🙂 pertanyaannya lgsg dikirim ke emailnya kak raeni aja ya  : raeni.success@gmail.com🙂

Leave a Reply

