Catatan Schotalk #2 SB Surabaya

Pemateri : Radyum Ikono

  • Master Degree University of Tsukuba
  • Founder Sahabat Beasiswa
  • COO PT Nanotechh Inovasi Indonesia

(Postingan ini merupakan hasil percakapan melalui WhatsApp, semoga bermanfaat🙂 Semangat meraih mimpi !!)

Nama kulo radyum ikono

Lahir dari bapak arek siadoarjo asli. Ibu orang tuban. Keduanya sama2 kuliah di tekim ITS dan melahirkan saya thn 1988

Jadi saya punya keterikatan batin dgn surabaya hehe. Tiap thn masih pulang kampung di desa sekitar sukodono

Yg mau baca cv saya bisa di download di bit.ly/CVikono udah ga diupdate sejak 2015 sih. Udah ada bbrp achievement baru

S1 di singapur

S2 di jepang

Dua2 nya bidang teknik material dan nanoteknologi

Sekarang sedang S3 di IPB ambil manajemen bisnis

Itu aja kali ya perkenalan

beasiswa yang saya dapatkan dulu untuk menempuh pendidiknnya yaitu dari National Institute for Material Science (NIMS) yang bekerja sama dengan University of Tsukuba, salah satu institusi terbaik dibidang material, nomor 3 didunia setelah Max Planck di Jerman dan Chinese Academy of Science di China

Beasiswa yg saya dapat sebesar ¥ 160.000 per bulan selama 2 tahun masa perkuliahan.

Sebagai gambaran, di jepang misalnya di Tokyo per bulan itu kita hanya mengeluarkan ¥ 70.000 – ¥ 80.000  ribu, dan jika di kota kecil malah bisa ¥ 40.000 – ¥ 50.000 ribu per bulan. Jadi kita bisa nabung hingga ¥ 100.000 per bulan.

Perincian penjelasannya jika kita single, uang sewa rumah ¥ 30.000 – ¥ 40.000, uang makan ¥ 30.000 – ¥ 40.000, transportasi ¥ 20.000 dan lain – lain misalnya hiburan ¥ 20.000. dan dibandingkan dengan mahasiswa beasiswa diluar Jepang tentu lebih beruntung yang kuliah di Jepang

👆nanti kita discuss ya kalo ada yg penasaran lbh dalam.

Saya share beberapa keunggulan atau keunikan studi di Jepang. Di jepang itu pada dasarnya master by research bukan master by coursework. Sehingga kita akan full melakukan riset untuk menulis tesis, dan untuk dikelas  kita mungkin hanya mengambil 20an sks.

Kuliah di Jepang berarti kita akan tergabung dalam 1 lab atau grup riset yang dipimpin oleh seorang profesor, dan didamping seorang associate profesor dibawahnya lagi secara terstruktur ada post doctoral fellow, mahasiswa S3, mahasiswa S2, dan mahasiswa S1.

Nuansa risetnya sangat kental, jadi saat lulus dari Jepang kita akan mengerti cara riset yang baik dan benar serta cara menulis paper.

Dan seminggu sekali kita diwajibkan mengikuti “Zemi” alias seminar internal grup riset yang gunanya untuk share progress report riset kita nantinya. Dan disana juga tempat “pembantaian” mahasiswa oleh profesornya.

Agak beda dengan kuliah di belanda atau inggris misalnya yg umumnya by coursework. Kalo by coursework itu intinya kuliah sperti layaknya S1

Yg pingin baca lbh dalam bedanya master by research dan coursework monggo dibaca di tulisan saya di sini https://www.selasar.com/gaya-hidup/master-by-research-atau-coursework

Apa lagi ya? Saya share beberapa peluang beasiswa ke jepang ya.

Ada :

– monbukagakusho (daftar di kedutaan jepang di jakarta)

– monbukagakusho daftar via universitas di jepang. Bbrp contoh programnya misalnya : IGP titech, MEM university of tokyo, E3 hokkaido university, dan masih banyak lainnya

– beasiswa hitachi

– beasiswa ajinomoto

– dan tntu saja beasiswa LPDP

Kalo ada yg mau list lengkapnya bisa dicek di Atlas Beasiswa (promo dikit ya hehe). Bisa tmen2 cek di sahabatbeasiswa.com/atlas utk cara mendapatkannya

Mungkin itu aja kali teaser dari saya skaligus pengantar. Kita banyakin di diskusi aja. Monggo saya serahkan ke moderator

Mungkin itu aja kali teaser dari saya skaligus pengantar. Kita banyakin di diskusi aja.

Tanya 1 :

Saya ingin melanjutkan s2 bidang material nano. Saya baru tau tntang NIMS. Mohon sedikit penjelasan tntang beasiswa ini bedanya dg beasiswa lainnya. Bagaimana tipsnya agar diterima beasiswa study di jepang?

Beasiswa nims bisa dicek di webnya ya. Googling aja ya NIMS graduate gitu. Lgsg keluar kok. Beasiswa nya mayan gede. Enak kok. Topik risetnya pun ada apa aja bisa dicek di web itu

Tanya 2 :

1. mas kalo mencari tau universitas terbaik  yang sesuai bidang kita dari mana ya?

2. tema yang mas ajukan untuk S2 itu apa mas?

3. untuk mencari informasi sedini mungkin mengenai studi ke Jepang, sumber manakah yang dapat saya gunakan?

4. Adakah trik khusus agar tema yang kita ajukan dapat diterima mas?

Saran saya cek di web kampus satu2. Tokyo univ, tohoku univ, kyoto univ, smuanya lah. Smua kampus bagus kok.

Cari jurusam yg kita mau, cari profesor yg kira2 bidangnya kita cocok. Verify di scholar.google.com utk cari tau produktivitas dia di publikasi ilmiah. Krn ada aja profesor di jepang yg keliatannya keren trnyata riwayat publikasinya parah

Stelah ktmu prof yg cocok, kirimlah email ke dia. Mengirim email pun perhatikan adabnya ya. Nanti mgkn kalo ada waktu bisa saya share bagaimana mengirim email yg baik ke profesor.

Dan dulu saya ngirim email bisa sampe ke 30 profesor. Yg bales mgkn hanya 1/3nya. Jadi harus sabar dan evaluasi terus.

Stelah dpt prof, baru deh kita daftar ke kampus dan daftar beasiswa apa yg cocok

Dan umumnya tema yg kita ajukan itu akan disesuaikan dgn topik riset yg sedang dikerjakan oleh si prof. Kebanyakan sih kita harus ngalah dgn keinginan beliau

Tanya 3 :

Adakah beasiswa untuk keperawatan di jepang, khususnya s2?? Jika ada mohon dijelaskan,.. terima kasih,..

Ada. Cari prof aja yg cocok. Krn sekali lagi, kuliah s2 di jepang adalah by research. Asal ada prof yg mau terima, brarti anda bisa kuliah di jepang. Dan semua bidang dari perawat sampe sosiologi sampe astronot ada smua di jepang

Tanya 4 :

Peluang beasiswa buat S1 nya gmn ?

Terus, kalau mau dpet beasiswa itu kyk gmn ? apa kita daftar di univ dlu baru cari beasiswa atau cari beasiswa dlu baru daftar univ ?

Kalo s1 bisa daftar monbukagakusho kedutaan silakan cek di webnya. Atau beasiswa mitsui. Ada 2 peluang itu.

Utk urutan daftar, trgantung apa beasiswanya. Kalo monbusho kedutaan, dftr beasiswa dulu baru cari kampus. Kalo monbusho univ, daftar univ baru univ akan carikan beasiswa

Tanya 5 :

Kak saya mau nanya kalau untuk s2 pertanian di jepang apa jg fokus ke bidang riset?apa yang perlu saya siapkan dari sekarang bila saya ingin mendapatkan kesempatan beasiswa dijepang kak? Dan apa sebaiknya skripsi yg akan saya ambil nnti berhubungan dgn riset? Kebetulan saya masih semester 5

Pertanyaam bagus nih. Intinya smua riset. Bear in mind. Ga ada kelas utk nambah2 ilmu. Smua dituntut utk belajar mandiri dr text book, tanya orang dsb. Itu style jepang. Ada sih yg coursework, tapi terbatas bidangnya. Misalnya di keio ada s2 bidangnya SCM atau di grips tntf ekonomi dan public policy. Itu coursework

Bagus banget kalo skripsi kita udah distrategikan utk sama dgn tema riset s2. Itu sangat sangat sangat membantu utk approach ke profesor

Tanya 6 :

1. Di jepang itu jika ingin melanjutkan S2 di bidang kesehatan kira2 disana bagus gk kak?

2. Ada trik2 khusus gk kak supaya mudah mempelajari bahasa jepang? Kakak dulu saat belajar bahasa jepang les atau gimana?

3. hal hal dan kiat kiat apa yg harus di persiapkan sejak dari semt 1 utk lolos s2beasiswa keluar negeri (jepang) apakah sertifikat publikasi jurnal atau aktif berorganisasi mohon penjelasannya kak. Terimakasih.

1. Bagus

2. Bahasa jepang ga wajib kok. Selow aja

3. Kalo punya riwayat publikasi ilmiah itu akan sangaaatt membantu. IPK perlu diamankan at least di atas 3,25 lah biar aman. Bahasa inggris toefl di atas 550 biar aman. Tapi sbnrnya toefl ga diliat2 banget sih di jepang mah

Nanti saya share ya. Mgkn ga malem ini. Maaf agak riweuh nih masih ada deadline lain abis ini 🙏. Ingetin saya bsk pagi

Tanya 7 :

Mau nanya nih pak, apa saja yg perlu disiapkan kalo pingin dapet beasiswa ke jepang? Terus apakah ada beasiswa untuk teknik sipil? Dan juga kesulitan apa yg biasa dihadapi sebagai orang indonesia ketika berada di negeri sakura?

Tanya 8 :

Kalo untuk beasiswa luar negeri sendri. Cara nranselit dokumen kaya ijazah,raport,ato piagam itu biasanya kaya gimana ya? Dan kalo piagam gt. Luar negeri butuh gak ya? Dan satu lagi maaf pertanyaannga banyak. Kalo yg mau ke jepang tp kurang paha jepang. Ap yg didahulukan yg paham tentang jepang dulu?

Tlg perjelas ke saya LOA kyushu univ itu sperti apa dan kmrn dapetnya gmn? Baru bisa saya jawab

Cari namanya penerjemah tersumpah. Di kota besar pasti ada

Tanya 9 :

Bagaimana kah pendapat Mas menenai kuliah jurusan sosial di Jepang ? Jurusan sosial terlihat sagat kurang di Jepang, tp pasti tentu ada peminatnya, contohnya adalah saya. Meskipun jurusan saya sosial tetapi tetap ingin melanjutkan kuliah di negeri impian saya yaitu Jepang. Terkadang kami merasa minder jika ingin melanjutkan kuliah jurusan sosial di Jepang. Jadi bagaimana kah menurut mas pementor mengenai kuliah jurusan sosial di Jepang ? Terima kasih

Cek jawaban2 di atas ya. Smua jurusan ada. Kendala umum biasanya di bahasa dan culture schock. Apalagi kalo dapet sensei yg keras. Ada yg sampe nangis tiap hari krn dimarahin trus sama senseinya. Disuruh pulang pagi dsb.Harus siap mental. Walopun tntu saja ga smua bgitu

Nah ini. Saya personally ga rekomen sosial ke jepang. Krn mnrt saya infrastruktur kuliah sosial di jepang ga trlalu siap. Misal buku2 dalam bahasa inggris kadang terbatas. Trus bahaya kalo ktmu sensei yg english nya ga lancar. Scara umum saya lbh rekomen kalo blajar sosial jangan di jepang atau ngara asia timur, KECUALI mmg bidang studinya terkait asia. Atau sudah kenal sensei nya dan merasa dia org yg baik dan berkualitas utk membimbing

Tanya 10 :

1. Apakah tersedia beasiswa untuk yang baru lulus SMA menuju S1?

2. Bagaimana kehidupan selama bapak disana?

Sudah saya jawab di atas. Kehidupan agak sulit saya jelaskan. Bisa baca2 di blog saya radyumikono.com walaupun ga lengkap2 banget

Tanya 11 :

Begini pak untuk di Jepang itu apakah juga banyak fakultas/kampus bagus ttg dunia kesehatan?

Apakah saat kuliah ttg kesehatan di Jepang juga master by research?

Dan apabila ingin mengambil kuliah ke jepang harus menguasai bahasa jepang dulu?
Terimakasih.

Sudah saya jawab smua di atasya

Tanya 12 :

Saya punya pertanyaan, Jepang sangat terkenal akan riset di bidang eksak seperti teknologi, bagaimana kualitas jurusan jurusan sosial seperti hubungan internasional? Universitas jepang apa yang unggul di bidang HI? dimana kebanyakan orang setau saya lebih condong ke UK atau US🙂 terimakasih

Sudah saya jawab juga di atas. Kalo HI mungkin bisa coba browsing kampus GRIPS atau waseda GSAPS

Tanya 13 :

Saat ini saya sudah dapat professor yg bersedia menerima saya kak. Beliau meminta untuk wawancara via skype, apa sajakah yg harus kita persiapkan untuk proses wawancara kak? Dan kira” pertanyaan nya mengenai apa saja ya kak? Terima kasih.

Hmm agak tricky ya. Trgantung prof nya punya preferensi ke mana. Tapi dugaan saya pertanyaannya akan sangat teknis dan cukup detil tntg riset yg pernah kamu jalani. Persiapkan aja

Tanya 14 :

1. kira2 utk beasiswa exchange ke Jepang mulai dari semester berapa kak? dan apa persiapannya?
2. kira2 utk persiapan S2 di Jepang jurusan Pendidikan ada gak kak? ada rekomendasi kampus yg bagus utk jurusan tsb ?

Beasiswa exchange umumnya yg ada kerja sama dgn kampus kamu. Jadi cek dulu ya.

Utk pendidikan biasanya dalam bahasa jepang. Not recommended. Kcuaki kalo mmg program in english sperti di GSAPS waseda tapi itu pun bukan program dedicated di bidang pendidikan

Kcuali kamu nemu profesor yg emanf bagus banget di pendidikan, bahasa inggrisnya bagus, mgkn bisa dicoba

Tanya 15 :

Jenis beasiswa yg diterima oleh Mas Radyum itu apa ya? Apakah beasiswa tsb diperoleh dari Pemerintahan Indonesia atau Jepang? Apa saja syarat2nya? Dan brp lama persiapan untuk memperoleh beasiswa tsb?

Sebelum mendapatkan beasiswa ke Jepang, apakah sebelumnya Mas Radyum bisa bahasa Jepang?

Sudah saya jawab di atas. Baca dgn teliti ya

Tanya 16 :

Apa benar. jika ingin mengambil S2 bidang pendidikan harus punya pengalaman utk mengajar min.2 tahun?

Trgantung beasiswanya. Ga smua bgitu

Tanya 17 :

Bagaimna tipsnya kita pengen study dijepang tapi bahasa sama TOFELnya masih kurang? padahal uda les dan sejenisnya. Mungkin kita bisa dapet profesor dengan bantuan translate yang baik tapi untuk tahap selanjutnya bagaimana?

Hmmm harus pede sih dgn bahasa inggrisnya. Krn kalo gak, kamu yg akan pusing sndiri. Ga lucu kan dpt beasiswa tapi trus ga bisa lulus krn kamu ga paham english baca maupun nulis scara aktif

Tanya 18 :

Kira2 bisa tidak ya jika dr teknik informatika saya ingin mengambil jurusan yang berkaitan dengan lingkungan padahal saya sama sekali belum pernah mempelajarinya?trimakasih

Harus ada alasan utk pindah jurusan. Misal pernah kerja 2 thn di bidang tsb. Atau apa kek. Jangan bilang cuma karena “saya suka” atau “saya tertarik dan ga suka jurusan lama saya”. Itu lame banget…. harus rasional dan strong alesannya

Tanya 19 :

Kalau dari d3 ke s1 di jepang bisa gak ?

Terus, ada nggak beasiswanya ? Kalau ada, syarat2nya biasanya apa aja ? Perlu gak sertifikat bahasa jepang kalau mau daftar beasiswa di jepang ?

Saya blm menemukan di negara manapun ada beasiswa ekstensi s1

Tanya 20 :

Pak Iko, kalau kuliah yg berhubungan dengan bahasa, apakah master by research jg? Trm ksh.

Smua by research. Hanya sebagian keciiill program khusus yg coursework. Bisa dihitung jari

Tanya 21 :

1. menurut om iko mengapa nominal beasiswa mext menurun tiap tahun, jaman om iko 160 ¥ sekarang 147 ¥ ?

2. kemampuan saya pas-pasan, perlu perjuangan keras untuk dapat banyak hibah seperti om iko, oleh sebab itu strategi saya ingin kuliah nabung, artinya saat pulang, uang tabungan sisa beasiswa bisa untuk modal berkebun, apakah bisa ? bagaimana pendapat dan tips & triknya ?

3. menurut om iko daerah mana yang memiliki biaya hidup paling murah ? hokaido ? tsukuba ? kyushu ?
Terimakasih banyak om iko ^^

1. Kurang paham jg ya. Personally saya merasa 147 pun ttp banyak buanget itu. Yg jelas sih mmg ada arus penolakan anti warga asing di jepang walopun ga scara jelas disuarakan

2. Nah cocok itu di jepang. Bisa nabung 100-200 jt lah minimal. Cari kota kecil. Pkknya asal bukan tokyo atau kyoto atau osaka relatif murah. Tsukuba yg dket tokyo aja sbnrnya masih jatohnya kota murah

Tanya 22 :

1. kalo kuliah di jepang apakah harus bisa bahasa jepang ? Apakah kalo mau apply kuliah di sana harus punya sertifikat bahasa jepang ?

2. Apakah ada kampus di jepang yg kuliah s2nya menawarkan bahasa utamanya bahasa jepang ?

3. Kalo misal saya ingin s2 mengenai bisnis ataupun manajemen, kakak ada saran gak kampus mana di jepang yang paling bagus ? dan bagaimana tips dan trik agar bisa diterima di kampus tersebut ?
Makasih kak🙂

Smua menawarkan. Hanya sebagian yg menawarkan in english

Balik lg ke topik riset profesornya mana yg cocok sama kita… selamat mencari… ga ada kampus yg dominan banget di jepang

Tanya 23 :

Saya mau tanya sepak terjang dari Pak Iko hingga jadi COO nanovasi? Apa yang mendasari hingga mau jadi technopreneur? Sama kiat2nya bisa jadi technopreneur nanomaterial😀

Visi hidup aja sih hehe. Pingin ilmu yg dipelajari bisa menyelesaikan masalah di indonesia. Saya bersyukur belajar ilmu material dan trnyata relevam banget dgn permaslaahan bangsa. Kiat sih yg penting yakin aja dgn mimpi kamu dan cinta pada Indonesia yg akan menjaga kamu ttp komit

Tanya 24 :

Bagaimana caranya agar masuk publikasi jurnal bergengsi?

Nanti diajarin sama sensei di jepang ya hehe. Bisa 1 schotalk sendiri utk bahas itu🙂

Tanya 25 :

Menurut mas iko, kampus di jepang yg paling bagus untuk ambil prodi s2  kebidanan apa? makasih

Cek topik riset mana yg cocok ya yg sesuai dgn yg mau kamu teliti

Tanya 26 :

1. Sya ingin mencari beasiswa s2 ttg tata kota. Apakah di jepang juga ada beasiswa utk planner?

2. Bagaimana cara kita tahu jur.tata kota mereka mengarah ke arah perkembangan yg bagaimana? Mksd sya disini biasanya tiap univ jika di indo ada spesifikasi misal lbh mengarah  ke pembangunan pesisir,pedesaan atau perkotaan. Jd bisa lbh mengetahui mana yg sesuai dg yg ingin kita ambil.

3. Apakah ada beasiswa utk progam student exchange. Dan kira2 utk student exchange programnya apa saja? Sprti program summer atau apa?makasih

Sudah saya jawab ya prtanyaan serupa di atas.

Exchange agak jarang kecuali yg kerja sama dgn kampus kamu.

Tanya 27 :

1. kira2 utk beasiswa exchange ke Jepang mulai dari semester berapa kak? dan apa persiapannya?

2. kira2 utk persiapan S2 di Jepang jurusan Pendidikan ada gak kak? ada rekomendasi kampus yg bagus utk jurusan tsb ?

https://www.s.u-tokyo.ac.jp/en/utrip/

👆ada sih misalnya kayak ini. Tapi terbatas jurusan tertentu

Tanya 28 :

Mohon penjelasannya ttg  mobukagakusho via univ di jepang. Terimakasih.

Repsol

Cek di website nya aja misalnya tadi saya udah kasi list bbrp contoh monbushi via univ. Listnya buanyaaakk banget. Monggo kalo penasaran cek di CD atlas beasiswa aja ya… di situ ada list lumayan lengkap monbusho univ.

Intinya daftar ke univnya. Nanti univ akan daftarkan kita ke monbusho

Tanya 29 :

Jika berhasil lulus s2 di jepang khususnya bidang sosial HI, apakah prospek bekerja menetap di jepang lebih baik daripada pulang ke Indonesia? Atau sebaliknya? Terimakasih🙂

Hmmm prospek kerja di jepang agak sulit diprediksi. Yg jelas jepang lg membuka keran warga asing apalagi yg bahasa inggrisnya bagus. Kalo sosial agak berat sih. Kalo teknologi sangat dicari

Tanya 30 :

Follow up pertanyaan tadi, kalau secara general apa untung rugi dari lulus dan bekerja menetap di jepang/ pulang ke Indonesia pak Iko?😀

Hmmm kerja di jepang bagus sih menambah etos kerja sbg orang jepang. Gaji jg gede Tapi indonesia butuh kita. Skrg juga. Hehe🙂

Tanya 31 :

Mau nanya pak maaf agak out of topic , kalo kami di politeknik kan D4 apa univ disana menerima kami apabila kami ingin lanjut S2?

Diterima. D4 itu setara S1. Ga ada masalah

Tanya 32 :

Bagaimana cara mengetahui univ tsb fokusan nya ke ranah apa? Terutama utk tata kota

Cek di web nya mas/mbak. Contoh yg slalu saya lakukan. Buka web kampus. Cari jurusan yg kita tuju

Tanya 33 :

Pak Iko, kampus yg disarankan utk master bahasa dmn sj?

Sekali lagi, cari profesor. Bukan kampus

Profesor terbaik di bidang biomaterial itu bukan di univ tokyo, kyoto univ begitu, malah dari tokyo womans university. Antah berantah ga masuk ranking

Fokus lah pada profesornya dan publikasi dia. Pada dasarnya ga ada jawaban yg benar utk pertanyaan “kampus mana yg bagus di bidang X?”

.

.

Nanti diskusi lebih intens ya kalo msh ada yg penasaran

Smoga berhasil smua ya dapet kesempatan utk kuliah ke jepang dgn beasiswa…

Saya off ya. Makasih smua🙂

Leave a Reply

