Catatan Schotalk SB Solo

Pemateri : Arliandy Pratama Arbad

  • Finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional 2014
  • Mawapres Utama Undip 2014
  • Awardee LPDP pk 37
  • Master Candidate Civil and Spatial Information Engineering Tokyo University Japan

(Postingan ini merupakan hasil percakapan melalui WhatsApp, semoga bermanfaat🙂 Semangat meraih mimpi !!)

Baiklah. Perkenalkan nama saya Arliandy P. Arbad asalnya dari Teknik Geodesi Undip 2010. Saat ini tengah sibuk berada di Bandung

Pekerjaan saat ini adalah dosen dan enterpreneurship. Saya dosen luarbiasa di Undip dan Unila. Owner di BT Consultant

Teman2 berbicara mengenai scholarship. Tidak ada yg semudah membalikan telapak tangan. Saya memikirkan hal untuk medapatkan beasiswa sejak 2010 silam

Saya datang jauh dari pelosok desa juga. Di kabupaten lampung utara. Banyak obstacle yang datang tak semudah yg dibayangkan

Beasiswa saya peroleh “agak” sedikit mudah namun terjal ya teman2 karena dalam hal ini persyaratan yg disyaratkan cukup tinggi dan memang perlu persiapan yang matang

Saya memulai nya ketika awal kuliah dgn menjadi finalis olimpiade internasional di france, dalam hal karya ilmiah hingga Rusia dan Korea untuk menyampaikan ide2 saya mengenai masalah dunia

Jalan nya agak sedikit lebih mudah. Karena banyak prestasi yang telah ditorehkan selama kuliah

Cikal bakal menulis dan risetlah yang mengantarkan saya menjadi mawapres utama undip 2014 dan finalis mawapres nasional

Cikal bakal menulis dan risetlah yang mengantarkan saya menjadi mawapres utama undip 2014 dan finalis mawapres nasional

Iya saya dapat beasiswa LPDP dari kemenkeu jalur khusus :)  mahasiswa berprestasi dan putera/i yg pernah membawa nama baik bangsa

Awalnya saya dapat di Belanda di Wageningen University. Namun ditantang untuk masuk ke 20 Univ terbaik yg sudah di list oleh beasiswa maka tergerak untuk pindah ke Tokyo University alasan lain karena master by research dan juga dapat bonus $5000 hehe

Dulu saya ingin sekali ambil kuliah di Aussie atau di Belanda. Namun, Allah berkata lain Japan menjadi tujuan Master saya dengan durasi 24 months by research

Perjalanan untuk mendapat beasiswa bisa temen lihat di website lengkapi saja persyaratannya pasti lolos deh

Namun, ternyata masih banyak juga yang tidak di terima karena lupa satu hal

Persiapan bukan hanya memenuhi persyaratan namun kesiapan diri dan mental serta wawasan cakrawala yang akan mengantarkan kita meraihnya

Skema ttg beasiswa perlu dipersiapkan matang, baca petunjuk, tanya dengan orang yang sudah pernah daftar dan bersabar

Ketika menjadi mhs baru dulu saya tuliskan nama2 negara yang akan dikunjungi alhamdulillah ternyata masih kurang Amerika yg untuk dikunjungi hehe namun ada signal baik dari Kemenkeu kalau ternyata saya diperbolehkan direct S3 dimanapun universitas itu didirikan. Tentunya akan coba Amerika:mrgreen:

Saya punya tips untuk dapat beasiswa :

1. Cari Informasi mengenai beasiswa yg diinginkan secara MENDETAIL.

2. Lihat semua persyaratan, siapkan at least 1 tahun deh sebelum daftar.

3. Selama mempersiapkan jangan lupa penuhi PERSYARATAN kampus nya juga. Daftar juga dong kampusnya.

4. Bangun relasi dengan dosen dari sekarang untuk minta surat rekomendasi nantinya. Sekarang hubungi dosenmu:mrgreen: mintain sarannya dan bangun good communication

5. Nah, setelah bangun komunikasi sama dosen minta link untk kontak profesor di Univ luar negeri kalau ada.
**kalau saya koneksi profesor saya dapatkan ketika saya mengikuti kompetisi dan event international, so jadi sedikit lebih mudah

6. Tetap rendah hati dimanapun kita berada apapun dimanapun intinya profesor dan dosen lebih senang kita nurut

7. Persiapkan Bahasa Inggris dengan baik les sejak jauh jauh hari hmga ada ruginya kok

8. Koneksi itu penting seimbang antara (Do’a, usaha, teman, akademik dan organisasi)

9. Jadilah orang yg complete jangan malu dibilang serba bisa

10. Jangan lupa restu orang tua

Pesan terakhir nih : jadilah dirimu, tetap low profile karena orang yang sayang padamu tak membutuhkan siapa kamu dan yang benci tak peduli siapa kamu. Believe it or not miracle will be happened! Do’a yang menjadi penyambung antara kita dan sang pencipta

Tanya 1 :

Mau tanya bagaimana caranya buat research proposal yang mendetil? Dan bagaimana cara deketin profesornya? Apakah proposal research di pandu profesornya mengingat sewaktu saya s1, skripsi saya dipandu dosen.

So far saya buat research proposal paling banyak 2 halaman untuk ke todai saya ajukan 1 halaman saja (tidak bolak balik). Proposal research tidak dibimbing profesor disana namun kita yang punya hajat ya kita dong yg meminang dg proposal yg kita buat

Tanya 2 :

Prestasi kamu bnyak sekali yaa. Apakah harus sebanyak itu prestasinya untuk bisa kuliah di todai? BT konsultan bergerak dibidang apa?

Prestasi sebanyak itu hanya sebagai wadah saja utk mengasah diri, kembali ke pribadi sih sebenarnya. Utk di Todai cukup punya relasi profesor yg menjamin kita disana dan perbnyak publikasi internasional min nasional ada deh

BT consultant bergerak di bidang konsultan infrastruktur dan mapping. Namun saya alihkan jg ke pendidikan untuk research methode dan membantu teman2 dlm menulis ilmiah

Tanya 3 :

Ktika apply LPDP dan apply University untuk dpt LOA apakah diminta untuk menyertakan proposal riset?
Jika iya, apakah proposal riset itu nantinya benar2 digunakan untuk penelitian kita saat berkuliah di sana? Kalau by course apa ttp diminta proposal riset?Nah, misalkan saya belum bisa bahasa Jepang saat akan berangkat, apakah di sana diperbolehkan langsung kuliah ataukah harus mengikuti kursus bhs jepang trlebih dahulu? Jika iya, berapa lama biasanya?Untuk kuliah di Tokyo university, berapakah score toefl atau ielts minimal yg diminta? Toefl nya bisa ITP atau harus iBT/PBT?

Adakah tips jitu utk bsa jd LPDP awardee(terutama bagi yang minim prestasi atau publikasi)? Apakah wajib punya publikasi dan prestasi semasa kuliah? Sedikit cerita, saya berkeinginan menjadi dosen selesai studi S2 di Jepang (InsyaAllah), menurut kakak, apakah saya perlu menceritakan ttg keinginan saya itu pada saat seleksi beasiswa di LPDP?]

Thanks🙂

Utk apply LPDP lihat webnya ya:mrgreen: lengkap dan jelas. Digunakan atau tidak tergantung supervisor disana nantinya. By course tidak saya pikir, hanya saja ada personal statement by research jg ada sih

Ambil international class, lpdp tidak memberikan biaya tambahan class asing disana

Toefl min 550 ielts 6.5

Lbh aman ielts

Tipsnya. Ikutin yg 10 tadi penuhi semua persyaratan dan percaya yakin sama usaha

Tipsnya. Ikutin yg 10 tadi penuhi semua persyaratan dan percaya yakin sama usaha

Mau jadi dosen dll gap

**oke ada lagi**

Tanya 4 :

Ijin bertanya, menurut Kak Arliandy apa faktor & kriteria utama utk lolos di beasiswa lpdp ini? Apakah jika sudah mendapatkan LoA akan memperbesar peluang mendapatkan beasiswa?

Rahmatan lil alamin (bermanfaat utk sosial, bangsa dan dunia hehe agak lebay) yg pertama harus tanya dlu ke diri kita kenapa kita pantas utk dpt itu beasiswa. Bisa jadi tidak, tergantung hasil administrasi, wawancara, LGD dan kesiapanmu

Tanya 5 :

Apa semua harus dengan riset? Ada tema khusus tdk dalam risetnya? Apa yg menjd point khusus sehingga kak arbad bisa mndptkan beasiswa itu?

Iya kalau mau ambil by research. Tema depend on your subject dan jurusan yg akan diambil disana. Lintas jurusan gpp kok

Yg buat saya diterimaka karena mungkin saya melakukan hal yg jarang mungkin ya yg orang lain lakukan, simplenya jadilah pembeda atau yg pertama

Tanya 6 :

Kak itu wawasan cakrawala nya itu masuk dalam tes wawancaranya atau gmna ya kak???

Ilmu nih dari dik doang : kalau org byk wawasannya dia pasti senang melihat sesuatu dari sudut pandang, namun kalau cakrawalanya terbuka semua akan dia lihat sampai detailnya air yang jatuh pun mereka bernyawa dan hidup menghidupi semesta

1. Silahkan jalin silaturahim, pergi keluar kampung halaman. Mengembara mengelilingi negeri. Jangan pelit buat silaturahim. Bagi saya penting, tergantung niat. Kalau anda sdh bisa dgn S1 kenapa tidak ? Karena sebagian lainnya membutuhkan S2/s3 mereka sekolah ada yg ingin jadi akademisi, peneliti dan praktisi utk menunjang aktifitasnya.

2. Prestasi bukan hanya masalah juara, medali atau reward. Diartikan luas semisal kamu pernah membuat desa binaan, membuat project masyarakat, pertukaran pelajar, pimnas, punya bisnis usaha juga termasuk prestasi loh

Biasanya mawapres, dan pemenang2 olimpiade, Sea games dan bbrp kompetisi bergengsi jg mempengaruhi

InsyaAllah 22 Sept saya otw Haneda dan 23 pagi sdh sampai japan. Bisa jadi mengingat japan bukanlah native english.

Ya kalau itu based on personal ya, bisa aja cari teman yg fasih atau lbh aktof lagi sih, pengalaman saya di thailand atau korsel mereka kurang fasih englishnya so kita yg musti memahami.

Tanya 7 :

Mas, di univ saya ada program utk final project ke luar. Salah satu syaratnya ada pembimbing dr luar yg bersedia (disuruh cr sndr).
Menurut mas, sebaiknya yg saya lampirkan d email dlm rangka mencari professor yg mau membimbing itu bab 1-3 dr rancangan skripsi saya atau research proposal sprti punya mas yg hanya 2 halaman sj?
Lalu file apa lagi yg perlu dilampirkan?
Thanks in advance.

Waw keren.. lampirkan CV kamu yg amazing dan exciting gtu. Dari situ dia mengerti siapa kamu, tergantung kamu mau yg 2 halamaan padat berisi atau bisa jg dijabarkan satu2 yg lbh mendetail

Tanya 8 :

1. kak, biasanya scholarship mensyaratkan dokumen yang di translate oleh sworntranslator, dimana bisa menemukan sworntranslator di solo / sekitarnya.

2. mohon info juga les b.inggris yang murah dimana ya ? Khususnya untuk toefl / IELTS preparation. Terimakasih sebelumnya

Saya translate sendiri hehe lalu saya bawa ke notaris untuk dilegalkan. Saya kurang tau di solo hehe, utk tes ielts atau toefl tergantung kota mu tinggal kalau saya kmrin di UPT ITB dan pas kuliah dulu pindah2 sih waktu di Undip

Tanya 9 :

1. Brp riset yg msk proceeding?
2. Apakah menjadi first author?
3. Bagaimana memulai research dg dasar ilmu yg minim?

1. More than 5
2. Intl ada 4 first author, national lumayan. Kompetisi, seminar, PKM dan essay academic termasuk publikasi loh
3. Niat, bertanya, lakukan, istiqomah/komitmen

**koreksi pertnyaan no 9 poin (1) tepatnya saya lupa. Namun beberapa, ada yg publish di internet juga 😂😂

Untuk teman2 ini email saya:

arliandy.pratama@rocketmail.com
FB : Arliandy P. Arbad
Twiter : @arliandyarbad
IG : @arliandyparbad
Path : Arliandy P. Arbad
Line : save aja phone numbernya

Hmm.. harus tetap gaul yaa 😁😁

Leave a Reply

