Catatan Schotalk #5 SB Yogyakarta

Pertama, critain dong Ka, gmana dulu kok ambil sastra Arab d UI, trus berjuang Turkiye Burslari, ngambil jurusaj Sejarah Politik Timur Tengah, romantisme hidup dan study di Turki, ttg kampus tempat Kaka belajar… hehe

Ka Nabila Ghassani : Hehe udah lama banget ga dpt pertanyaan knpa ambil sastra Arab.. terakir pas kuliah 2 thn lalu.:mrgreen:

Sbenernya dulu sas.arab bukan pilihan utama saya. Tp trnyta rejekinya dstu yasudahlah.. tekuni saja. Ditambah lagi dlu saya lulusan pesantren dan punya sedikit pengetahuan ttg bahasa arab.Dan di sas.Arab ui juga tidak hanya mendapatkan ilmu ttg bahasa dan sastra tp juga belajar ttg budaya dan sejarah mengenai negara2 Arab

Sbenernya impian saya ga muluk2 selesai s1 pengen bgt langsung lanjut s2 dmna aja di indonesia pun boleh asal gratis hehe.. krn temen2 tau sendiri kan yaa.. biaya kuliah s2 mahal bgt

Waktu itu kbtulan dibulan kya gini (Jan-maret) bnyak beasiswa yg buka dan saya dpt indo YTB (turkiye burslari) dan internet dan tmn2.

Knpa YTB?

Jawabannya beasiswanya full bgt mulai dari tiket, biaya sekolah, asrama, sampai uang bulanan. Dan beasiswa yg bisa apply tanpa toefl atau proficiency b. Ing yg lain.

Knapa pilih jurusan sej. Politik timteng?

Sewaktu apply kita dikasih kesempatan utk pilih jurusan sebanyak 12 pilihan salah satunya saya pilih jurusan itu.

Btw itu pilihan ke 3 saya.

Krn background saya sas.arab, saya punya sedikit pengetahuan lah mengenai sejarah mengenai negara tsb.

Hehee iyaa bnyak yaa pilihannya.. tp syaratnya pilihan kampusnya ga boleh disatu kota aja. Misalnya milih hnya kampus2 di istanbul aja

Jadi harus pilihannya harus ada kota2 lainnya kya ankara, izmir, bursa dll

Saya dpt di Marmara Univ, Istanbul

Kebetulan jurusan yg saya pilih cuma ada di marmara, sakarya univ dan metu

Utk dftr memang harus sabar bgt. Karena sistem selalu down

Soalnya bnyak pendftrnya ga hnya di indonesia juga Sistem kuliah di Turki ga jauh beda dgn Indonesia. Utk master normalnya 2 thn

Rata2 setiap kampus punya 2 bahasa pengantar utk 1 jurusan. Misalnya utk jurusan HI ada bahasa pengantarnya b.ing ada yg b.turki. *tp tergantung universitas

Sewaktu pengisian jurusan ada keterangan dalam kurung (), jurusan itu menggunakan b.ing atau b.turki

Klo b.ing beberapa kampus meminta toefl atau ielts spt boğaziçi, metu

Beberapa juga hnya ikut ujian bahasa ing yg disediakan olh kampus

Pertanyaan 1 :

Assalamualaikum kak Nabila

Saya ingin bertanya

1. Kak, pengalaman organisasi dan lombanya sgt minim, paling ekstrem cuman jadi peserta/panitia dlm seminar, apakah ada peluang? Mengingat para peminat beasiswa ini banyak banget dan ‘horor’ sekali.

2. Perbandingan peluang diterimanya mahasiswa semester 8 lulus bulan april dg mahasiswa yg sudah lulus dan bekerja sebelumnya kira2 menurut kakak gimana?

3. Mengenai LOInya kakak bisa tolong di share point pentingnya? Makasi

=> 1. Pasti ada peluang, saya juga pengalaman organisasi saya sedikit sekali. Ytb melihatnya tidak hanya dr segi pengalaman tp rencana study dan kontribusi kita apa setelah lulus juga dilihat realistis atau tidak

2. Bnyak juga tmn2 saya yg baru lulus langsung dpt s2 ytb dan blm ada pengalaman kerja. Spertinya pengalaman kerja atau tdk ada pengalaman bukan jadi ukuran

3. Sebentar lagi saya ketik yaa.. panjang soalnya hehe
Mudah2an menjawab pertanyaannya.. letter of intent di form YTB berupa pertanyaan2 sbb:

1. Please define the subject you plan to work during your postgraduate studies in Turkey

Dsni disuruh utk menuliskan rencana study dan jurusan dan jelasin sedikit alasan knpa milih turki

2. State your knowledge on this subject why it is significant for you, and how you will contribute to it
Jelasin alasan milih jurusan dan korelasinya dgn background dan kontribusi anda dibidang ini

3. Please provide info about prominent universities and academicians working on this subject in Turkey, if any.
Utk menjawab pertanyaan ini dibutuhkan observasi terlebih dahulu mengenai kampus dan akademisi atau dosen yg ada di Turki. Bisa observasi ke web2 kampus yg dituju.

4. Please state your plans after competing your postgraduate studies
Ini pertanyaan yg menjadi point penting dr penilaian. Point ini kita diminta utk menjelaskan rencana kita setelah menyelesaikan study.. jawab serealistis mungkin

5. Please indicate why you have chosen these particular departments and your knowledge about this departments
Pertanyaan ini kita diminta utk menjelaskan alasan hubungan latar belakang pendidikn dgn program atau jurusan yg dipilih

Pertanyaan 2 :

1. Apakah syarat (kuliah baik beasiswa atau non beasiswa) di Turki harus bersama mahrom seperti di Arab Saudi? (Contoh : King Saud University)

2. Kampus mana di Turki yang bagus dalam bidang science terutama bidang Kimia? Dan kalau di Universitas Marmara sendiri bidang apa yang unggul?

=> 1. Turki, walaupun letaknya di timur tengah tp sangat berbeda dgn negara Arab. Turki bukan Arab. Gaya hidup dsni seperti gaya hidup orang Eropa.
IPK menentukan sekali atau gmana Ka?

2. Klo bid science no itu di metu (middle east technical univ) dan ITU (istanbul technical univ)
Marmara yg unggul di bidang islamic studië
Saya tidak terlalu tau masalah IPK.. tp seperti halnya dgn beasiswa lain klo bisa min IPk 3.00

Pertanyaan 3 :

apakah pilihan universitas mempengaruhi peluang penerimaan beasiswa turkiye burslari?

=> iya mempengaruhi… pilih univ dari yg rate tinggi ke rendah. Sama sperti SNMPTN

Pertanyaan 4 :

Kalau tidak memiliki dasar bahasa turki bagaimana ya kak?

=> Ga masalah… karena kita akan di kursuskan b.turki 1 thn

Pertanyaan 5 :

Kak, ada rekomendasi univ yang bagus untuk bidang literatur atau linguistik? Dan setahu kakak itu perkuliahannya pake bahasa Turki atau bahasa Inggris?

Sag ol🙂

=> Nabila Ghassani: Marmara, istanbul univ, dan istanbul kultur univ bagus
Istanbuo univ rata2 pake b.turki, marmara dan ist kultur ada b.turki dan ingg

6⃣kebudayaan penduduk dsana gmana Ka? Sosial masyarkat sana gtu

=> Dsni masyarakatnya lbh teratur dan bersih. Gaya hidupnya kya eropa versi bnyak masjid hehe..
Cara berpakaian juga bebas..  ada yg tertutup dan setengah terbuka 😬

Transportasi dsni lbh rapih dan teratur.. bus2 berenti di halte dan transportasinya lbh canggih

Pertanyaan 6 :

apa yg menonjol d negara turki terkait bidang kesehatan d banding indonesia., bagaimana dgn penggunaan obat herbal d sana,apakah obat herbal d sana sama kaya obat modern terkait konsumsi masyarkt turki..?

=> Maaslah kesehatan menurut aku Turki masih di atas dr pd indonesia. RS negeri dsni fasilitasnya lbh baik misalnya utk periksa ke dokter bisa pesan atau pilih tnggal kontrol via web. Dan biaya RS juga dpt subsidi dr pemerintah
Saya blm pernah lihat obat2 herbal yg dikonsumsi olh orng turki, mayoritas mrk konsumsi obat dr apotek (obat modern)

Pertanyaan 7 :

itu td kan bilang 12 jurusan nah itu bisanya diloloskan ke 1 jurusan diliat dari apanya ya mbk??

apa latar belakang asal jurusan dan univ pengaruh??

kalo misal lintas jurusan bisa ngga mbk??

di sini TI disananya ambil bahasa gt misalnya??

makasii

=> Masalah lolos dipilihan jurusan yg mana itu trgantung nanti pas interview biasnya ditnya2 mengenai pilihan jurusan.

‘Kenapa milih dstu?’ Atau ada yg nanya kalo kamu ditempatin di univ ini mau atau tdk?

Latar belakang pendidikan mempengaruhi.

Bisa saja pilih jurusan yg tdk linear asal di letter of intent dpt menjelaskan knpa milih jurusan tsb

Dan kbnyakan yg tdk linear harus ikut matrikulasi 1 thn

Pertanyaan 8 :

Kak mau tanya kan tadi ada belajar bahasa selama 1 tahun apabila kita tidak bisa menguasai apakah ada sanksi tertentu? Terus apakah ada aturan khusus yg bila dilanggar bisa menyebabkan beasiswa kita dicabut?

=> Nanti diakhir kursus ada ujian proficiency b.turki namanya C1. Nah itu klo ga lulus harus ikut summer school utk ujian ulang C1 klo ga lulus lagi beasiswa di hentikan sementara selama 1 semester dan ujian ulang dgn bea sendiri

🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

CLOSING STATEMENT 🎓

Iya sama2 saya juga terima kasih kepada tmn2 udah bersedi ngundang saya dsni.

Semangat utk dftr YTBnya.. maksimalkan hingga batas akir pendftrannya. Mantapkan letter of intentnya

Dan ttp sabar menghadapi sistem online YTB yg sering down hehee 😁

Mohon maaf klo ga bisa bantu bnyak.. semoga jwb2an dr saya mnjawb pertanyaan2 dr tmn2

🙏🙏🙏🙏🙏

Terimakasih dan semoga bermanfaat📚

Semangat berjuang scholarship hunters🎓

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s