Jangan Melewatkan Kesempatan (apapun)

* Jangan Melewatkan Kesempatan (apapun) *

Oleh : Budi Waluyo

Di Washington DC lalu, berbincang dengan seorang teman. Dia bilang,” Saya tidak menyangka kalau research proposal saya diterima dan terpilih untuk presentasi nanti. Saya sih orangnya coba saja setiap kesempatan yang ada walaupun nanti mungkin kebanyakkan gagalnya. Tetapi, saya tidak mau melewatkan setiap kesempatan yang ada begitu saja”.

Termenung mendengar jawaban teman ini. Kenapa? Karena waktu itu hampir saja saya tidak jadi mengirimkan proposal karena, seperti biasa, alasannya: sibuk. Perlu sedikit dorongan ekstra hingga akhirnya memutuskan menulis proposal dan mengirimnya. Syukur hasilnya tidak mengecewakan dan semua dibiayai.

Tetapi, saya tidak berpikiran seperti teman ini: tidak akan melewatkan setiap kesempatan yang ada begitu saja. Selesai berbincang, saya tanamkan dalam pikiran, apapun kesempatan yang datang nanti akan saya ambil walau harus berjibaku dengan waktu dan kesibukkan studi.

Kemudian, ada satu kesempatan melamar satu research award dan deadlinenya tepat di hari saya selesai seminar. Pulang kerumah sangat lelah dan sampai di siang hari. Hanya ada waktu beberapa jam sebelum jam 12 malam deadlinenya, padahal saya belum menulis apapun untuk proposalnya.

Disisi lain, tugas kuliah lagi menumpuk. Waktu sangat terbatas. Wah, beneran tidak mudah. Tapi, saya ingat kata-kata dari teman ini dan memposisikan diri saya seperti dirinya; yang terpenting adalah mencoba dan berusaha sebaik mungkin. Bagaimana hasilnya tidak perlu dipikirkan.

Akhirnya, saya paksakan diri menulis proposal, dan dikirim. Ternyata, diluar dugaan, saya mendapatkan research award yang jumlahnya lumayan ini. Padahal, sebelumnya saya selalu gagal.

Kawan, mereka yang berhasil mendapatkan beberapa prestasi lebih dari orang lain pastilah mereka yang melakukan lebih dari orang lain dalam kurun waktu 1 hari, 1 minggu, atau 1 bulan. Makanya, yang mereka tunggu setiap hari, minggu, atau bulannya ada banyak, lebih dari yang orang lain tunggu; akhirnya, membuat mereka mendapatkan lebih dari orang lain.

Satu hal yang pasti: mereka manusia biasa, sama seperti kita. Kelebihan mereka hanya satu: tidak mau mudah menyerah dan tidak akan melewatkan setiap kesempatan yang datang, apapun alasannya.

Kawan, mulailah terus mengembangkan kapasitas diri sebaik mungkin sembari terus mencari berbagai kesempatan yang bisa diraih. Ketika satu kesempatan datang, janganlah melewatkannya begitu saja tanpa mau berusaha.

Gagal itu biasa, tetapi terus mencoba walau sudah banyak gagal, itu yang luar biasa. Pengalaman adalah hal yang tidak bisa dibeli dengan uang karena waktu tidak bisa diputar ulang.

Yuk, terus perbaiki kapasitas diri seraya mencari dan mempelajari setiap kesempatan yang ada.

Kita akan memanen lebih ketika yang ditanam lebih.

Let’s break the limits..!!

Untung ada tulisan ini yang lumayan bisa nge-charge semangat. Jadi ceritanya saya niat banget daftar YSEALI. Semua form aplication sudah lengkap tinggal tanda tangan Recomendation Letter dan ngirim.

Namun berhubung waktu itu saya cari waktu kegiatannya kapan belum ketemu ya jadi asal ngisi form saja. Nah kemarin saya cermati kembali webnya dan ternyata waktunya itu FALL saya kira WINTER. Sedangkan pada waktu itu Fall sekitar September – Oktober saya sedang ada kegiatan kantor di Jakarta pula. Selain itu deadline juga diajukan yang awalnya tanggal 15 jadi 13 kan mepet banget belum ngirim **murni kesalahan individu kalau ini, jangan ditiru, wkwk**. Jadi mikir ulang. Ntar klo keterima **pede amat, ya harus pd dong, optimis, kan udah usaha** terus ngundurin diri dan jikalau diblacklist malah ga ada kesempatan lagi kan buat daftar for the next.

So, untuk saat ini maksimalkan diri dulu lah untuk YSEALI Academic Fellowship yang Winter. Semoga Allah senantiasa memudahkan langkah saya nantinya. Yang jelas saya tidak akan melewatkan kesempatan apapun selama saya masih bisa berusaha dan berjuang. Ganbate!!!

Sekian🙂

Leave a Reply

