Amalan-Amalan bagi Wanita yang Sedang Haid Di Bulan Ramadhan

➡ 1. Bersedekah

Sedekah tetap bisa dilakukan saat wanita sedang haid. Sedekah ini bisa dilakukan dengan cara memberi santunan kepada orang-orang yang membutuhkan.

➡ 2. Memperbanyak Dzikir

Dzikir dapat dilakukan pada saat pagi hari dan menjelang sore. Hal ini dilakukan untuk mengisi waktu luang dengan banyak membaca tasbih (subhanallah), tahlil (la ilaha illallah), tahmid (alhamdulillah) dan dzikir lainnya.

➡ 3. Menghadiri Majelis-Majelis Ta’lim

Wanita harus banyak menghadiri majelis-majelis ta’lim berguna untuk menambah ilmu pengetahuan tentang Islam karena berbeda orang yang berilmu dan tidak berilmu sesuai dengan Alquran Surah Az Zumar ayat 9 yang artinya “Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak tahu.”

➡ 4. Ikut Serta Kegiatan Sosial

Mengikuti kegiatan sosial selain dapat menjadi amalan di bulan puasa, hal ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi serta ajang berbuat kebaikan yang dianjurkan oleh Allah sesuai dengan ayat berikut ini “…Dan berbuat baiklah kalian karena sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Baqarah:195)

➡ 5. Membantu Menyediakan Takjil

Menyediakan takjil merupakan kegiatan yang cukup mudah karena biasanya wanita menyenangi kegiatan memasak. Selain mendapatkan pahala bagi kaum wanita sesuai dengan HR. Tirmidzi no. 807 “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga

➡ 6. Membaca Buku-Buku Agama

Pada umumnya wanita yang sedang haid bingung mengisi waktu luangnya. Nah cara mengisi waktu luang tersebut dapat dengan cara membaca buku-buku agama.

➡ 7. Membagi Ilmu yang Bermanfaat

Membagi ilmu yang bermanfaat merupakan perbuatan yang baik dan perbuatan baik akan menghapus perbuatan buruk, sesuai dengan ayat berikut ini  “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114

➡ 8. Mendengarkan Al-Quran

Jika wanita haid tidak dapat membaca Al-Quran maka hal yang dapat dilakukan ialah mendengarkan Al-Quran melalui kaset, radio atau pun MP3 beserta artinya.

➡ 9. Bersholawat Pada Nabi 

Salah satu bentuk kecintaann seseorang kepada Baginda Nabi Muhammad SAW adalah membaca shalawat untuknya. Hal ini dipertegas dalam Alquran surah al-Ahzab [33] ayat 56 “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang berim
an, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

➡ 10. Memanjatkan Doa Diantara Seusai Adzan dan Sebelum Iqomah

Walaupun wanita yang sedang haid tidak mengerjakan shalat, namun wanita yang haid tetap bisa menanti waktu shalat bukan? karena doa yang dipanjatkan seusai adzan dan sebelum iqomah ialah waktu yang mustajab. Pada saat seperti ini banyak-banyak lah memanjatkan doa,mengucapkan keinginan yang belum tercapai, dan harapan-harapan yang ingin dikabulkan.Semoga doa yang dipanjatkan dapat terkabul sesuai dengan H.R. At-Tirmidzi “Doa yang tidak mungkin tertolak adalah ketika antara adzan dan iqamah”

➡ 11. Menghapal Al-Quran

Amalan selanjutnya yang bisa dikerjakan oleh wanita yang sedang haid ialah menghapal Al-Quran. Selain mendapat pahala, hapalan Al-Quran dapat diajarkan kepada orang lain. Sesuai dengan HR. Al Bukhari 4639 “sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s