Catatan Schotalk | TU Delf | Tu Eidhoven | Belanda | LPDP | Engineering

Pemateri : Wirawan Agahari

  • S2 TU Delf jurusan Engineering and Policy Analysis
  • S1 Teknik Telekomunikasi ITB 2008

Pemateri : Hatta Bagus Himawan

  • S2 TU Eidhoven jurusan Innovation Management 2015
  • S1 Sistem Informasi ITS 2006

(Postingan ini merupakan hasil percakapan melalui WhatsApp, semoga bermanfaat 🙂 Semangat meraih mimpi !!)

Halo semuanya, nama saya Wirawan Agahari, biasa dipanggil Aga. Insya Allah akan berbagi ke temen2 semua hari ini. Sekarang saya studi S2 di TU Delft jurusan Enginering & Policy Analysis, insya Allah Agustus ini beres jika tidak ada halangan😀 Background S1 saya adalah Teknik Telekomunikasi ITB angkatan 2008. Setelah lulus di 2012, saya bekerja di Telkomsel sebagai staff Project Management Jabotabek selama 1,5 tahun. Salam kenal semuanya!

Halo Nama saya Hatta bagus himawan. Biasa dipanggil Hatta. Dulu ngambil S1 di ITS 2006, sistem informasi, peminatan e-business. Sekarang di TU Eindhoven innovation management, masuk th 2015. Sempat bekerja di astra graphia IT selama 4 tahun sebagai project manger dan 1 tahun di ooredo indosat sebagai sales engineer

Salam kenal semua

The first nihh mass hehe

.

Apa jurusan master yg mas ambil?  Dan Bagaimana sih sistem perkuliahannya?

-W-

saya dulu kali ya baru Hatta nyambungin, hehe

Nah, seperti yang sudah saya sampaikan tadi, saya mengambil studi di TU Delft jurusan Engineering & Policy Analysis (EPA). Info lebih lengkap tentang jurusan ini bisa dicek di tautan berikut : http://www.tudelft.nl/studeren/masteropl/masteropleidingen/engineering-and-policy-analysis/. Singkatnya, program ini adalah intersection antara teknoogi dan public policy. Namun berbeda dengan program public policy yang purely sosial seperti development studies atau social policy, program EPA ini lebih menekankan pada teknik-teknik pemodelan untuk decision making atau policy analysis.

Program ini berdurasi 2 tahun dan biasanya dimulai di bulan September. Untuk menyelesaikan studi disini teman-teman perlu mengambil 120 ECTS yang dibagi dalam 4 semester. Oiya, di jurusan saya ini sifatnya coursework based, bukan research based, jadi model kuliahnya sama sepeti S1 di Indonesia. Kita harus mengambil sejumlah mata kuliah yang akan dihitung sebagai ECTS kita.

Internship di jurusan ini tidak wajib, namun jika teman-teman tertarik untuk internship kesempatan sangat terbuka. Banyak informasi yang disediakan terkait magang baik di Belanda ataupun di negara lain. Nilai plusnya, magang teman-teman bisa dikonversi menjadi ECTS juga, jadi nantinya bisa lebih ringan beban kuliah di tahun kedua🙂

Untuk bisa lulus dari program ini, teman-teman harus menyelesaikan master thesis di tahun kedua, yang bobotnya setara 30 ECTS atau 1 semester. Thesisnya sendiri bisa dilakukan di perusahaan, join dengan PhD project, atau mengajukan project sendiri.

Oiya, saya perlu sampaikan juga bahwa mulai tahun ajaran baru nanti kurikulum di EPA akan berubah total, dan lokasinya pun akan pindah ke Den Haag, bukan di Delft lagi. Jika teman-teman tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang perubahan di program EPA ini, TU Delft akan memfasilitasi dengan mengadakan webinar yang info lebih lanjutnya bisa dicek di: http://www.epa.msc.tudelft.nl/webinar-epa

Kira-kira begitu dari saya tentang jurusan yang saya ambil🙂 silahkan lanjut ke Bung Hatta

-H-

Baik… Jurusan yg saya ambil adalah innovation management…

Seperti apakah jurusan tersebut? Jurusan innovation management fokus pada proses RnD suatu perusahaan dalam pengembangan produk baru maupun dalam melakukan improvement pada produk tersebut

Dengan kata lain, jurusan IM memastikan barang yg di launch di pasar dapat diterima oleh customer

Sering kan kita melihat bnyk produk inovatif yg gagal di pasar dan tidak ada kelanjutany…😀 di IM hal itu sangat haram terjadi

.

Selanjut nya nih kak,Mata kuliah apa saja yang menarik untuk kak aga dan kak hatta?

Nambahin dikit utk pertanyaan pertama ya, boleh kan? hehe

-W-

Program yang saya ambil bertujuan untuk membentuk mahasiswanya menjadi analis yang mampu menyelesaikan isu-isu sosial politik dan teknikal menggunakan berbagai teknik pemodelan dan simulasi. Jadi cocok kalo teman-teman ingin jadi konsulta misalnya🙂

nah, lanjut ke pertanyaan soal mata kuliah ya

Mata kuliah di EPA terbagi dalam 4 stream: Policy Analysis, Economics, Management, dan Modelling. Selain itu di tahun kedua akan ada spesialisasi yang harus dipilih, dimana saya memilih ICT sebagai spesialisasi saya.

Sebenarnya semua kuliah menarik kok, hehe. Cuma ada beberapa yang menarik buat saya. Misalnya kuliah decision making, dimana kita belajar teori-teori pengambilan keputusan dan gimana kita bisa mengaplikasikannya dalam real life case

ada juga kuliah ICT Design, dimana kita belajar mendesain aplikasi dan merumuskan strategi marketingnya di pasaran

terus ada kuliah lagi namanya e-business, kita belajar tentang business modelling lalu membuat studi kasus menggunakan teori yang ada

Secara umum sistem yang dpakai di mata kuliah di EPA adalah groupwork, assignment berupa paper, dan juga ujian

Nah, untuk taun ajaran baru teman-teman bisa melihat di link ini untuk gambaran mata kuliahnya: http://www.tudelft.nl/fileadmin/Files/tudelft/studeren/master/Brochures/EngineeringPolicyAnalysis-MSc.pdf

demikian dari saya🙂

-H-

Baik… Utk informasi IM bisa dsini https://www.tue.nl/en/education/tue-graduate-school/masters-programs/innovation-management/

IM terbagi menjadi 2 minat

Yaitu business and product creation (bpc) dan managing innovation process (mip)

Bpc fokus pada front end proses inovasi… Misal penjualan, menilai pasar

Cocok yg ingin jd wirausaha

Mip fokus pada backend proses inovasi dmn harus take care dan concern trhdp proses development produk ataupun jasa yg ingin di delivery

Matkul yg menarik depend on ketertarikan

Jika suka organisasi ada human aspect innovation dmn fokus pada organize orng2 pada proses RnD

Klo ingin proses development dari ujung ke ujung ada management of product development

Skrng yg lagi ngetren nih jualan service / jasa… Itu jg kita pelajari…

Knp saya blng ngtren / menrik krn klo perusahaan hanya jualan barang saja, merek hanya dpt skli revenue

Klo jualan service, merek dpt revenue yg berkala

Jika ada waktu lowong bisa googling mengenai servitization🙂

Dari saya cukup🙂 monggo kang aga

.

Apa saja pilihan topik penelitian / proyek di program studi tersebut? Apa kira-kira rencana penelitian / projek kakak (jika sudah ada)?

-W-

saya lanut ke pertanyaan ini ya: Apa saja pilihan topik penelitian / proyek di program studi tersebut? Apa kira-kira rencana penelitian / projek kakak (jika sudah ada)?

Di fakultas saya, ada yang namanya graduation portal. nanti teman-teman yang masuk di program EPA bisa merujuk ke portal tersebut jika ingin mencari inspirasi untuk thesis misalnya, atau join di proyek dosen yang sudah ada. Jadi cukup mudah proses mencari thesisnya hehe.

Saya sendiri memilih untuk mengerjakan thesis sebagai bagian dari PhD project, dimana projectnya adalah tentang analisis kuantitatif untuk mengukur dampak ICT platform terhadap elderly di Belanda agar mereka bisa hidup independen.

Research di EPA dibagi ke sejumlah section, silahkan merujuk ke link ini untuk detilnya : http://www.tbm.tudelft.nl/over-faculteit/afdelingen/

Thesis di jurusan saya sendiri macam-macam dan menarik2 ada yang tentang cyber security, ada yang tentang economic analysis, stakeholder management strategy, dan masih banyak lagi😀

monggo dilanjut bung Hatta, heh

-H-

Di Innovation management, td yg saya sebutkan mngenai topiknya ada 2 yaitu bpc dan mip

Kbtulan saya ambil mip… Dan krn saya masih tahun pertama blm dtentukan lebih detail topik thesis seperti apa… Tetapi yg pasti saya akan melakukan penelitian mengenai RnD dan SCM (supply chain management) di philips utk materi thesis saya

Utk di IM yg cukup mengasyikkan atau kata lain dari challenge… Mostly skripsi kita di perusahaan, jd ya itung2 bisa buat nambahin pengalaman pekerjaan di cv😀 (at least)

Klo mau ngembangin networking lg… Sangat terbuka lebar…

Silakan bu momod dilanjutkan🙂
.

Apa program studi S1 kakak nihh? Apakah relevan dengan jurusan S2 yang kakak ambil? Program studi apa saja yang relevan untuk studi S2 kakak nihh?

-W-

👍🏻👍🏻

Ini pertanyaan yang menarik. Seperti yang sudah disampaikan di awal, program S1 saya adalah teknik telekomunikasi. Nah, kalau dibilang relevan ato enggak, sebenarnya agak tergantung melihatnya dari sisi mana, hehe.

Kalau dari sisi teknikal jelas tidak relevan, karena yang pas adalah lanjut langsung ke S2 Telecomunication Engineering.

Tapi program EPA bisa jadi relevan buat saya kalau misalnya saya ingin terlibat dalam policy making di bidang ICT atau telekomunikasi, atau mendirikan konsultan di bidang ICT untuk public policy.

Kalau untuk program studi saya di S1, biasanya selain lanjut ke Telecomunication ENgineering bisa juga lanjut ke Computer Science, Business & Management, atau Innovation Studies seperti bung Hatta hehe

kurang lebih begitu

-H-

Baik… Utk jurusan yg saya ambil berbeda, IM di bawah fakultas industri sdngkan S1 saya adalah sistem informasi di bawah fakultas informatika

Yup, dulu saya adalah programmer

Dan pegang network…

Knp saya ambil ini (maaf oot dikit)

Pnglman saya, di indonesia membuat product misalnya start up adalah hal yg tidak sulit… Resource ada, market ada (jumlah pnduduk indo) mslhnya adalah utk dapat hidup lama menjadi PR besar kita… Krn itulah saya mngmbil jurusan ini dan murtad dari programmer

Jurusan apa saja yg bisa masuk IM? Jurusan apa saja bisa asalkan di motivation letter temen2 mention alasan yg kuat “Kenapa memilih jurusan ini”

Bahkan senior saya ada yg dulu ya s1 hukum

Dari saya cukup

.

Bagaimana cara mendaftar ke program studi kakak? Apa saja requirementsnya?

-W-

oke, saya jawab ya🙂

Requirements untuk mendaftar ke jurusan EPA bisa dilihat di http://www.tudelft.nl/en/study/master-of-science/master-programmes/engineering-and-policy-analysis/application-and-admission/non-dutch-bsc-degree/

Persyaratannya sendiri cukup umum, dimana teman-teman harus membuat motivation letter, 2 recommendation letter (saya dulu dari 2 dosen saya waktu S1), IELTS / TOEFL IBT, dan lainnya bisa dicek di webnya.

Tidak ada batasan jurusan, semua background S1 sains / teknik diterima di program ini.

Oiya, semua aplikasi harus dikirim via pos dan ada admission fee 100 euro yang akan dikembalikan ketika teman-teman diterima.

Nah, ini untuk TU Delft

untuk TU EIndhoven gimana bung Hatta?

-H-

Kurng lebih sama seperti tu delft😀

Ielts rata2 6,5

Dan jg dkirim via pos utk aplikasinya

Lebih jelas disini

https://www.tue.nl/en/education/tue-graduate-school/masters-programs/innovation-management/

Tahun lalu gratis utk application fee nya

Tetapi per tahun ini ada informasi klo membayar 100 euro…

https://www.tue.nl/en/education/studying-at-tue/admission-and-enrollment/graduate-programs/admission/bachelor-from-a-university-outside-the-netherlands/

Seperti yg terlampir di link di atas
.

Pilihan beasiswa apa saja yang ditawarkan? Apakah kakak menggunakan beasiswa? Jika iya, beasiswa apa yang kakak ambil dan bagaimana cara apply-nya?

-W-

Saya menggunakan beasiswa LPDP untuk melanutkan studi di Delft. sudah pada tau lpdp kan ya? kalau belum, silahkan googling ya.

saya lanjut dkit ya utk beasiswa

Beasiswa lain yang bisa dicoba antara lain STUNED, TU Delft Scholarship, Beasiswa Kemenkominfo, dan Beasiwa Spirit Bappenas. Untuk beasiswa TU Delft semua yang diterima akan diconsider, namun yang memenuhi kriteria saja yang akan dihubungi lebih lanjut.

-H-

Sama, saya juga sperti kang aga

Saya mendapatkan lpdp

Saat ini sudah ada bnyk beasiswa tinggal niat😀

Knp niat? Semuo orang punya niat tetapi pertanyaannya seberapa besar niat kamu🙂

Bagaimana mengukur niat dapat beasiswa? Jika kamu masih bertany kepada orang lain seperti ini “apa saja syarat dapat beasiswa x” maka niat kamu patut dipertanyakan😀

-W-

sepakat dg bung Hatta

informasi sudah banyak bertebaran, tinggal niat dan kemauan teman-teman saja🙂

Monggo dilanjut

ada pertanyan selanjutnya? hehe

.

Apakah ada jurusan yang sama dengan kakak di universitas lain di Belanda? Bagaimana komparasinya?

-W-

Hmm, pertanyaannya menarik nih

untuk di Belanda sendiri, setau saya hanya TU Delft yang memiliki jurusan seperti EPA ini

fokusnya agak berbeda dengan programnya bung Hatta, jadi EPA di TU Delft cukup unik

Namun di luar Belanda ada program studi sejenis,

seperti di Carnegie Mellon Univ (https://www.cmu.edu/epp/),

MIT (http://tppserver.mit.edu/),

UC Berkeley (https://gspp.berkeley.edu/academics/concurrent-degree-programs/public-policy-engineering),

Univ of Sussex (http://www.sussex.ac.uk/study/pg/2016/research/3272#subject),

dan University College London (http://www.ucl.ac.uk/prospective-students/graduate/taught/degrees/science-engineering-public-policy-mpa).

Silahkan googling dengan keyword “engineering and public policy graduate programs” dan teman-teman akan mendapat banyak list yang menarik🙂

Nah, kalau jurusannya mas Hatta saya gatau nih hehe

-H-

Ok… Jika temen2 dari teknik industri… Jurusan IM cukup general

Klo jurusan setipe bnyk dan temen2 TI saya yakin sudah tahu itu krn memang jurusan TI dibuat utk melihat scara helicopter view

*TI : teknik industri

Utk jurusan yg fokus pada innovation bnyk

Silakan cek di https://www.studyfinder.nl/

Key word innovation management

Ok lnjut

.

Apa saja prospek kerja yang relevan dengan program studi kak aga sama kak hatta? Setelah lulus rencana nya apa nih kak? 😄

-W-

Nah ini nih yang biasanya jadi dasar utk menentukan jurusan

prospek kerjanya bisa kemana aja buat lulusan EPA, karena lulusannya didesain utk jadi analis di berbagai bidang

temen-temen bisa masuk ke pemerintahan dan turut aktif membantu perumusan kebijakan nasional🙂

bisa juga teman-teman bekerja di berbagai konsultan seperti Deloitte, McKinsey, IBM, BCG, dll

NGO pun cocok juga

NGO : Non-Govermental Organization

di kantor ASEAN, Asian Development Bank, Uni Eropa, bahkan PBB juga bisa

nah,kalau teman-teman gak tertarik kerja kantoran, bisa juga teman-teman membuat start-up di bidang konsultan

intinya prospek kerjanya luassss banget! secara indonesia bayak masalah hehehe

Rencana saya setelah lulus sendiri masih belum tau nih, ada beberapa opsi yang lagi dipertimbagkan

misalnya lanjut langsung S3, ngegarap bisnis kecil2an bareng teman-teman, atau bekerja di BUMN atau instansi pemerintah

doakan saja dapat pilihan yang terbaik hehehe

demikian dari saya

-H-

Seperti tipikal jurusan industri… Semua bidang masuk

Prtnyaannya mau implementasikan ilmunya Scara maksimal atau tidak.. Klo ingin maksimal… Bsa kerja di bagian RnD jadi konsultan atau bikin start up😀

Mimpi saya ingin membuat start up yg fokus pada teknologi b2c atau c2c

Krn cukuplah bidang manufacturing, sda dan enterprice technology dkuasai negra lain

Saya ingin memiliki produk indo yg mendunia🙂 (jngn hanya indomie saja yg mendunia)

Sudah saatnya kita menjdi tuan rumah di negeri sendiri

Cukup dari saya

🙂
.

Bagaimana ilmu kakak nantinya bisa bermanfaat di Indonesia?

-W-

Bisa bermanfaat banget!

Seperti yang saya bilang, Indonesia itu negara yang banyak banget masalahnya, hehe.

ilmu yang dipelajari di EPA sangat aplikatif untuk menstrukturkan masalah2 yang ada dan menganalisisnya sehingga bisa didapat solusi terbaiknya

Dan yang lebih menarik, ilmunya bisa diterapkan si segala bidang!

Sebagai gambaran, teman-teman saya ada yang latar belakangnya jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Lingkungan, Teknik Fisika, dan Informatika

jadi bisa aplikatif dimana2

oiya ada teknik penerbangan dan teknik sipil juga

bisa banget ke matematika! apalagi kita juga belajar ilmu statistika dasar, jadi kepake banget hehe

begitu kurang lebih,lanjut ke bung Hatta🙂

-H-

Seperti yg td saya mention

IM bisa diterapkan dimana saja

Soal bisa bermanfaat atau tidak

Trgntung ke individu masing2

Mau bermanfaat utk orang lain atau memperkaya diri sendiri

Kelihatannya retorika tetapi itulah kenyataannya

Jdi manfaat atau tdk trgntung individunya😀
.

Adakah pesan khusus dari kak aga dan kak hatta untuk peserta diskusi malam ini kak?

-W-

Pesan saya simpel saja: Think Big, Start Small

Tentukanlah apa target dan mimpi teman-teman, lalu mulailah menyusun langkah-langkah nyata yang bisa menunjang mimpi ini.

Gak ada yang gak bisa dicapai, selama teman-teman tau apa yang ingin dicapai, dan menyusun jalan mewujudkannya🙂

demikian dari saya, semoga bermanfaat🙂

-H-

Semuanya mulai dari niat. Semua orang memiliki niat tetapi niatmu akan diuji disitulah pembuktian seberapa besar niatmu…

Kuatkan niat karena niat dapat menguatkan, melipat gandakan dan mampu menbuat sebuah keajaiban🙂

Salam super😀

👍🏻👍🏻👍🏻

Pertanyaan 1

(Teknik Informatika, ITB)

Apa sih hal menarik dari jurusan S2 kakak? Implementasi terbesar apa yang kalian sudah atau akan kalian lakukan sebagai produk dari keilmuan kalian?

-W-

Wah thanks Evan pertanyaannya! ngeri-ngeri sedap nih hehe

Apa sih hal menarik dari jurusan S2 kakak? –> international environment di jurusan saya sangat terasa. Kita hanya 29 orang dan itu terbagi dalam sejumlah nationality, sperti belanda, indonesia, china, jerman, iran, kolombia, meksiko, lebanon, jordania, chile, brazil

kalo dari sisi keilmuannya, yang menarik adalah gimana kita bisa belajar banyak hal untuk bisa menganalisis masalah yang kompleks dan merumuskan solusi yang terbaik atas masalah yang ada

kita belajar banyak teknik problem solving, dan itu bermanfaat banget di masa depan

Implementasi terbesar apa yang kalian sudah atau akan kalian lakukan sebagai produk dari keilmuan kalian? –> nah, thesis saya saat ini sebenarnya dilakukan dengan sampel orang2 belanda, namun sangat mungkin diaplikasikan di Indonesia. Makanya saya kepikiran menerapkan ilmu yang saya pelajari selama thesis untuk bidang lain di Indonesia misalnya di bidang pendidikan, gimana ICT bisa berkontribusi untuk pendidikan di Indonsia

kurang lebih begitu🙂

-H-

Wah ada anak informatika…

Baik… Di IM temen2 bljr menjual “barang” sesuai kbutuhan  customer

Kita sering tahu bnyk brng keren mnggunakan teknologi canggih tp ga laku di pasaran, sebaliknya ada produk simpel tp laku keras

Tugas kita bagaimana membuat produk simpel laku dan produk yg canggih lebih laku😀

Itu menariknya(baca : tantangannya)

Utk informatika, saya percaya sangat gampang bikin aplikasi klo niat bisa 1 hari 1 malam jd tp mslhnya bakalan laku ga? Orng2 berminat pake ga?🙂

Implementasi menerapkan ilmu IM saya Blm ada… 2 bulan lalu masih mengkonsep sistem tanggap kebakaran hutaj

*hutan

Dari saya kiranya begitu

Pertanyaan 2

Jurusan yang outputnya dapat menstructurkan masalah banyak, apa yang menjadi bargaining power dari jurusan kakak dibanding yg lain? Especially kalau misal ingin terjun ke dunia start up? Misal dengan MBA

-W-

Halo Novia terima kasih pertanyaannya

pertanyaan sulit lagi nih hehe

Yang menjadi pembeda dengan MBA jelas purposenya dibandingkan dengan EPA

karena kalau MBA : Master of Business Administration, fokusnya lebih ke arah business

EPA: Engineering & Policy Analysis, fokusnya ke arah public policy menggunakan engineering tools and techniques

jadi kembali lagi ke passion masing-masing, what do you want to be?

EPA outputnya adalah menjadi analis ataupun konsultan, sedangkan MBA lebih ke arah business manager or entrepreneur

tapi bukan berarti EPA gak bisa merintis startup, hehe

cuma mungkin fokusnya yang beda, dari skill policy analysis yang dimiliki kita bisa merintis startup di bidang konsultan misalnya

kurang lebih gitu, kalau kurang puas boleh dijapri hehe

-H-

Innovation mamagement sifatnya general, bsa dmna saja

Membuat start up adalah bidang paling ideal utk menerapkan ilmu IM

EPA dan IM bisa kemana mana 😄☺

Klo ada yg kurang jelas bsa googling, bercanda… Next silalan japri😀 senang bsa membantu

Pertanyaan 3

(Teknik Kimia, UI)

Untk pengambilan jurusan boleh tidak linier? kmrin sy baru ty org univ twente di jobfair ui, pengambilan jurusan disana hrs linier. Atau tiap univ py peraturan yg berbeda gtu?

-W-

wah udah pertanyaan terakhir ya hehe

kalo utk EPA di TU Delft, semua jurusan S1 asalkan engineering / science bisa diterima

namun untuk jurusan teknik lainnya setau saya harus linier

baiknya dicek di requirement masing2

rasanya sih kalau di jurusan IM juga sama, betul gak bung Hatta?

-H-

Betul skli bung aga😀

Pertanyaan 4

(S1 Public Administration UI)

Jurusan Inovasi, teknologi policy dan management ini ada hubungannya dengan Inovasi program pemerintah gak ya? Jadi yang dibahas adalah inovasi, policy dan manajemen publik gitu? 😅

-W-

Halo terima kasih pertanyaannya!

Sebelumnya diluruskan dulu. Innovation, Technology Policy, and Management ini hanya rumpun ilmunya saja, hehe. Jurusan yang masuk di rumpun ilmu ini diantaranya EPA dan IM.

Saya kurang paham sebenarnya maksud pertanyaannya gimana, hehe. Cuma ilmu di EPA bisa relevan untuk membahas inovasi program pemerintah. Simpelnya, teknik2 yang dipelajari di EPA bisa digunakan untuk memetakan masalah di program2 pemerintah lalu kemudian dirumuskan solusinya🙂

saya gak yakin ini menjawab sih. hehe. cuma boleh nanti kalau mau diperjelas silahkan🙂

Bung Hatta ada tambahan mungkin?

-H-

Pertnyaannya utk kang aga itu😀

Pertanyaan 5

(Teknologi Industri Pertanian, IPB)

Sy saat ini sedang bekerja di NGO bagian Quality Management System. Sejauh yg sy search, sy masih belum menemukan course di jurusan/kampus yg concern ke NGO atau produk jasa. Kira2 ada rekomendasi jurusan atau kampus yg plg mendekati kah kak? Ataukah tetep ambil jur yg mendekati, dan fokus ke servicesnya itu ketika thesis/project kelulusan? Mohon sharingnya. terima kasih banyak🙂

-W-

kayaknya ini pertanyaannya cocok ke mas Hatta nih hehe

kalau mau yang gak terlalu spesifik ke NGO ya EPA atau MoT (Management of Technology) mungkin bisa dicoba

-H-

Ada kok

Klo mau spesific soal NGO ada di UK

Tp saya rada lupa… Bsa di search dngn keyword master NGo

Klo di belanda sndiri stau saya belum ada

.

.

.

Jika masih ada pertanyaan spesifik jurusan bisa ke kontak ppibelanda.org

Jika ada pertanyaan umum ttg studi di belanda (tidak spesifik jurusan) bisa bergabung di https://www.facebook.com/groups/opengroupppibelanda/ atau email tanyappibelanda@gmail.com

👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻

Thank you all…

Kalau pertanyaan nya umum bisa ke fb ppi belanda nya kak atau bisa juga japri kak aga dan kak hatta nyaa. Kakak aga dan kak hatta luar biasa untuk sharing ke kita semua disini.. tapi yaa nanti mohon maaf kalo kakak kakaknya slow respons balas nya atau yg lain nya hehe..

saya kurang begitu mafhum degan studi di netherland mas. univ yg business schonya favorit apa ya mas? utwente? iya business school.

http://www.eduniversal-ranking.com/business-school-university-ranking-in-netherlands.html

Mksdnya MBA

nda mesti MBA sih mas, nyari yg MSc malah😀

-H-

Klo bisnis pasti rotterdam

Klo pngn lihat referensi lain bis dilihat link di atas

Jd sbenarny klo ada pertnyaan mana yg terbaik itu sngt subjektif, krn depend on kbutuhan dan inginmu gmn?

Jd gmn dong? Ga ada cara lain selain googling… Jika blm yakin bisa tnya kepda orng yg memiliki pengalaman

.

hallo mas hatta salam kenal dari padang.. hehhee gini aku tertarik mau study s2 design grafis ke eropa. cuman blom tau univ mana.. nah kalau beasiswa lebih gampang kita dapetin pas udah stay disana apa pas kita masih di indo ?

-H-

Hai monica…. Saya sarankan masih di indo

bisa dikasih alasannya mas ? soalnya saya ada dapat info dari teman yg skrg lagi study s2 di paris katanya kalau besiswa gampang kita dapatin kalau udah stay di negara yg di tuju, soalnya pemerintah indo lebih gampang ngasih beasiswa ke wni yg udah netap disana. apakah itu benar ?

-H-

saya malah dengar sebaliknya….

Klo sudah di luar proses interview nya relatif sulit… Misal lpdp harus interview dtng lngsng di lokasi dan tdk akan membiayai kuliah yg sedang d tngh jalan

Biaya paris – indo pp jg menjadi faktor jg kan

-W-

bisa dikasih alasannya mas ? soalnya saya ada dapat info dari teman yg skrg lagi study s2 di paris katanya kalau besiswa gampang kita dapatin kalau udah stay di negara yg di tuju, soalnya pemerintah indo lebih gampang ngasih beasiswa ke wni yg udah netap disana. apakah itu benar ? -> kayaknya ini gak valid infonya, dan bener kata Hatta, justru biasanya lebih mudah kalau kita masih stay di Indo

-?-

Izin nambahin buat Monica : setuju dengan bang aga dan bang hatta. Kalau stay enggak juga, kalau acceptance letter yes. Kalau km udah dapet acceptance letter, biasanya lebih memudahkan untuk dapet beasiswa. FYI acceptance letter ini juga di beberapa Univ sifatnya gk langsung hangus. Misal km dapet untuk bulan Feb 2016 tapi ternyata km blm dapet beasiswanya, km bisa email ke kampus untuk menunda tahun masuk ke tahun depan. Biasanya kampus menginfomasikan LoA ini berlaku sampe kapan.

.

hi mas Hatta salam kenal ya, mau nanyaa hehe td mas cerita kaan kalo setelah lulus 5 taun sempat bekerja, apa yg membuat memantapkan lagi untuk kuliah? ada juga yg beranggapan kalo uda nyaman kerja enggan untuk memulai kuliah lagi

-H-

s2 cita2 saya… Saya mantab karena itu memang sudah cita2 saya dari dulu….

-W-

Untuk lanjut s2 motivasinya harus kuat, karena ilmu yg akan dipelajari pun lebih dalam jadi kalau motivasinya gak kuat nanti bisa struggle banget selama studi hehe

.
Hai kak, saya Rezha dari Sistem dan Teknologi Informasi ITB. Mau nanya nih tentang Management of Technology Delft TU itu belajarnya apa aja sih kak? Terus pembahasan teknologi di jurusan ini apa hanya berfokus buat IT atau teknologi engineering secara umum?

-H-

http://www.tudelft.nl/studeren/masteropl/masteropleidingen/management-of-technology/

-W-

MoT itu lebih umum, gak hanya ttg IT aja

👆🏻👆🏻 link yang dikasih Mas Hatta sangat bagus buat dipelajari

.

saya isna dr AKA Bogor, mau nanya univ yang ada nanotech atau food tech apa aja ya?

-H-

Wageningen

https://www.studyfinder.nl/search?fulltext=Food

-W-

Food technology cocok di wageningen university

Kalau nanotech kurang tau juga ya di Belanda, bisa dimanfaatkan linknya mas Hatta tsb

-?-

Bantu jawab pertanyaan Mbak isna : nano tech ada di twente. Disana bahkan ada nano tech laboratory nya. Silahkan bisa ke https://www.utwente.nl/en/education/master/programmes/nanotechnology/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s