Coretan, Physics Instrumentation

Prakira ONE || Weather Forecasting, Make It Easy

14718289_338619479845893_8978306004718452736_n

Aplikasi Prakira ONE merupakan hasil dari sinergi taruna STMKG dalam menghasilkan kontribusi nyata untuk BMKG. Dalam melaksanakan proyek pembuatan aplikasi Prakira ONE ini melibatkan ITARSI (Ikatan Taruna Instrumentasi) STMKG dan HTMKG (Himpunan Taruna Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) STMKG. Adapun penggagas pembuatan aplikasi Prakira ONE yaitu Richard Mahendra Putra yang merupakan taruna STMKG jurusan Meteorologi 2012 sebagai pengarah konten dan Sugiarto yang merupakan taruna STMKG jurusan Instrumentasi 2012 sebagai developer. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk memermudah Forcaster dalam melaksanakan tugasnya sebagai Wheather Forcasting sehingga diharapkan akan mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk menggunakan aplikasi ini prakirawan dapat dengan mudah mendownload aplikasi di google play store pada smartphone android.

Dalam pembuatan aplikasi Prakira ONE ini tentunya terdapat latar belakangi yang menjadi penggagas sehingga aplikasi tersebut dibuat yaitu perlunya bahan berupa chart/gambar dalam pembuatan prakiraan cuaca, konten tidak tersedia dalam satu web, perlunya kemudahan akses konten, perkembangan android programming, pengguna android yang signifikan, dan melengkapi fungsi Info BMKG. Pada aplikasi ini ditampilkan chart, model maupun gambar yang diperlukan dalam analisis cuaca skala global, regional, dan lokal, serta dalam pembuatan prakiraan cuaca menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML. Selain itu prakirawan juga akan semakin dimudahkan dalam mengakses informasi yang diperlukan hanya dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet tanpa harus mengetik alamat web secara manual.

Adapun fitur-fitur aplikasi Prakira ONE antara lain adalah berbasis android, tersedia di play store, minimum versi android 4.0.3 (Ice Cream Sandwich), Grapic User Interface berbasis material design, direct link, realtime data, fleksibel, non advertise application, dan save image (on process).

Konsep dalam pembuatan aplikasi ini adalah non modified content and having zoom in/out fiture dengan beberapa sumber data realtime. Pembuatan aplikasi ini menggunakan aplikasi android studio dengan bahasa dalam pemrograman menggunaan java dan xml.

Data yang ada dalam aplikasi Prakira ONE ini terdiri dari tiga jenis yaitu data global yang didapatkan dari MJO, SOI, SST, DMI OLR; data regional yang didapatkan dari RH forcast, streamline, isobar; dan data lokal didapatkan dari satelit, radar, WRF, sounding, SI, KI, dan LI.

Selain untuk membantu prakirawan/forcaster dalam melakukan prakiraan cuaca, developer juga mengembangkan aplikasi Prakira ONE ini supaya dapat digunakan masyarakat pada umumnya yaitu dengan adanya citra satelit dan radar cuaca Indonesia serta dengan adanya konten khusus info cuaca dengan fitur notifikasi peringatan dini untuk pengguna berdasarkan lokasi koordinast GPS smartphone android pengguna.

Noted : Postingan ini merupakan resume Online Group Discussion (OGD) #25 yang dilaksanakan pada hari Kamis 08 Desember 2016 dengan tema Ekspos Inovasi STMKG

Advertisements

2 thoughts on “Prakira ONE || Weather Forecasting, Make It Easy”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s