Evaporimeter Panci Terbuka

Evaporimeter panci terbuka  adalah sebuah alat yang dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat mencatat jumlah penguapan yang tejadi selama 24 jam. Evaporimeter termasuk jenis alat konvensional yaitu alat yang harus dibaca pada saat saat tertentu untuk memperoleh data.

Alat ini tidak dapat mencatat sendiri. Evaporimeter merekam penguapan yang terjadi dengan cara membaca angka yang ditunjukkan sesuai tinggi permukaan air dalam panci. Satuan dasar untuk alat Evaporimeter adalah millimeter (mm).

Evaporimeter panci terbuka
Evaporimeter panci terbuka

Gambar di atas merupakan salah satu jenis evaporimeter yaitu evaporimeter panci terbuka jenis united class a pan. Evaporimeter panci terbuka jenis United State Class A Pan mempunyai desain silinder dengan ukuran diameter 120,7cm dan tinggi 25,4cm. Panci tersebut terbuat dari besi, tembaga atau logam lainnya yang anti karat dengan ketebalan 0,8 mm dan biasanya tidak di cat.

Bagian dasar panci dibuatkan pondasi yang terbuat dari kayu yang mempunyai ukuran ketebalan sekitar 3-5 cm, dan diletakkan di atas tanah. Kayu tersebut dicat sehingga tahan terhadap cuaca dan rayap. Bagian atasnya juga dicat putih untuk mengurangi penyerapan radiasi matahari.

Fungsi dari pondasi kayu ini adalah untuk menjaga bagian bawah panci agar tetap kering selama musim hujan. Dan juga dapat memudahkan pemeriksaan jika terjadi kebocoran pada panci.

Dalam satu kesatuan evaporimeter terdiri dari beberapa alat diantaranya yaitu : Hook gauge, Still well, Cup counter anemometer, floating thermometer, serta penakar hujan jenis obs.

Berikut ini adalah salah satu alat yang terdapat di dalam evaporimeter panci terbuka. Gambar di bawah adalah alat yang dinamakan hook gaug.

Hooh Gauge
Hooh Gauge

Hook Gauge digunakan untuk mengukur perubahan tinggi permukaan air dalam panci. Terdiri dari batang berskala dan sebuah sekrup yang berada pada batang tersebut, digunakan untuk mengatur letak ujung jarum pada permukaan dalam panci.

Hook gauge biasa diletakkan dalam sebuah bejana yang disebut still well.

Still Well
Still Well

Still well adalah bejana dari logam (kuningan) berbentuk silinder dan mempunyai tiga kaki untuk meletakkan hook gauge. Di dasar still well terdapat lubang kecil, sehingga permukaan air dalam bejana sama tinggi dengan permukaan air dalam panci. Still well mendukung kerja hook gauge pada saat pengamatan.

Cup counter anemometer
Cup counter anemometer

Gambar di atas adalah Cup counter anemometer. Alat ini digunakan untuk mengukur banyaknya angin permukaan (50cm di atas permukaan tanah) selama 24 jam .

Sedangkan floating thermometer digunakan untuk mengukur suhu minimum dan maksimum air yang terjadi dalam 24 jam.

Floating Thermometer
Floating Thermometer

Penakar hujan jenis obsberguna untuk mencatat curah hujan yang terjadi selama 24 jamdi area sekitar evaporimeter panci terbuka. Karena hujanyang terjadi dapatmempengaruhi kadarpenguapan yang terjadi.

CARA KERJA

Kadar penguapan tidak dapat diukur secara langsung. Oleh karena itu maka prinsip kerja evaporimeter menggunakan perubahan tinggi air dalam panci. Air dalam panci mengibaratkan jumlah penguapan udara yang terjadi  dalam area 1 m2.

Karena evaporimeter adalah alat yang mengukur kadar penguapan yang terjadi selama 24 jam, maka pengamatan penguapan menggunakan evaporimeter, khususnya dengan evaporimeter panci terbuka jenis united state class a pan dilakukan satu kali sehari yaitu pada jam 07.00 WIB atau 00.00 UTC. Atau jika pada stasiun klimatologi yaitu pada jam 07.30, 13.30, dan 17.30 WIB.

Pengamatan dilakukan sebagai berikut :

  1. Pasang hook gauge di atas bejana still well.
  2. Putar sekrup pengatur pada hook gauge sampai ujung jarum tepat pada permukaan air. Sekrup ini berfungsi sebagai micrometer yang dibagi menjadi 50 bagian. Satu putaran penuh dari micrometer mencatat perubahan ujung jarum setinggi 1 mm.
  3. Angkat hook gauge dan baca serta catat angka yang ditunjukkan skala atau micrometer.
  4. Ketinggian permukaan air di dalam panci diukur pada awal periode waktu pengamatan dan akhir periode waktu tersebut. Selisihnya (setelah dikoreksi dengan banyaknya curah hujan yang jatuh selama periode waktu pengamatan) adalah besarnya penguapan.
  5. Esok harinya lakukan pengamatan seperti di atas dan keduanya itu dapat menentukan jumlah penguapan yang terjadi dalam 24 jam.
  6. Jika air dalam panci hampir habis, maka isi kembali hingga air mencapai tanda atau skala yang telah ditentukan. Begitu pun sebaliknya dengan mengurasnya jika air meluap.

    Pengisian air dalam evaporimeter
    Pengisian air dalam evaporimeter
  7. Hasil pengamatan dicatat di buku observasi, lalu disalin di back-up synop dan dilaporkan dalam AGM IB, dan laporan data penguapan.

INSTALASI, PERAWATAN, DAN KALIBRASI

Evaporimeter panci terbuka jenis united stated a pan biasa diletakkan di tempat yang datar, bebas dari pepohonan dan bangunan tinggi. Jika terdapat penghalang, jaraknya harus lebih besar empat kali dari tingi penghalang tadi di atas panci penguapan.

Letaknya juga diatur sehingga tidak terkena bayangan benda di sekitarnya dan hembusan angina kencang. Panci diletakkan di atas pondasi yang telah ditentukan.

Still well dipasang dalam panci sekitar 30 cm di tenggara pusat panci, corong atas bejana diatur horizontal dengan mengendorkan atau mengatur sekrup pada kakinya. Kemudian isi panci perlahan-lahan dengan air yang bersih, tidak mengandung garam dan minyak. Isi hingga mencapai garis atau tanda pada panci yang berjarak kira-kira 5 cm dari atas panci.

Tidak ada alat khusus yang digunakan untuk mengkalibrasi evaporimeter panci terbuka. Namun, harus diperhatikan dalam pembacaan skala yang ditunjukkan oleh hook gauge.

Untuk pengukuran harian, dengan range ukur antara 0 sampai 100 mm, nilai ketidakpastian atau kesalahan pembacaan yang masih dapat ditolerir adalah 95% tidak boleh kurang dari 0.1 mm untuk jumlahpengukuran kurang dari 5 mm, dan 2%  untuk pengukuran lebih dari 5 mm.

Perawatan dari evaporimeter harus dilakukan secara berkala. Langkah-langkah perawatan yang perlu dilakukan  diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Panci harus sering dibersihkan, sebaiknya dua kali dalam sebulan terutama membersihkan bagian yang berminyak dan mengendap di bagian dasar, karena dapat menyebabkan tumbuhnya alga yang dapat mempengaruhi kadar penguapan yang terjadi.
  2. Pembersihan biasanya dilakukan setelah pengamatan selesai.
  3. Panci harus sering diperiksa minimal sebulan sekali  terutama pada bagian sambungan untuk mengetahui adanya kebocoran atau tidak.
  4. Untuk stil well harus sering dibersihkan dan semua endapan dikeluarkan terutama pada lubang bagian dasar.
  5. Hook gauge juga harus dijaga kebersihannya, agarangka-angka dan skalanya dapat dibaca dengan jelas. Terutama agar tidak terjadi kesalahan pembacaan pada saat pengamatan.
  6. Hook gauge dibersihkan dengan kerosin (petroleum murni) minimal sekali setahun untuk menghilangkan kotorankotoran yang menempel.
  7. Pada saat-saat tertentu, sekrup juga perlu diminyaki agar mudah diputar. Sekrup sekrup pada hook gauge juga harus sering diperiksa agar tidak terjadi penyimpanagn pada saat pembacaan.
  8. Di daerah-daerah tertentu terutama di daerah tropis, untuk melindungi panci dari burung dan hewan lainnya  biasanya  air yang berada dalam panci diberi bahan kimia. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah burung atau hewan lain meminum air yang ada dalam panci. Namun pemberian bahan kimia tersebut juga tidak boleh berlebihan, karena dapat mempengaruhi karakteristk dari air dalam panci, sehingga secara otomatis penguapan yang terjadi tidak sesuai dengan yang semestinya.
  9. Sedangkan untuk melindungi jumlah air dalam panci akibat angin kencang, biasanya di sekitar evaporimeter panci terbuka dibangun dinding dari kawat yang berbentuk jala. Hal ini juga dapat mencegah hewan mendekati panci selain melalui cara yang sudah dijelaskan tadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s