Sweden | Computer Science | Pemateri : Satu Cahaya Langit

Gambar terkait

Schotalk#4 SB Jambi

bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb, selamat pagi dari Swedia. salam hormat kepada teman2 semua yang ada disini. terima kasih kepada SB yang sudah mengundang saya pada kesempatan ini

Nama saya Satu Cahaya langit, asal dari Jakarta. sekarang sedang kuliah S2 di KTH Royal Institute of Technology, di Stockholm, Swedia. Jurusan Computer Science. Sekarang sudah tahun kedua.

Sebelum kuliah S2 di Stockholm sini, saya S1 di Universitas Utara Malaysia di kedah, malaysia. mengambil jurusan IT, lulus pada tahun 2009, lalu bekerja selama 5-6 tahun sebelum akhirnya mulai S2 lagi pada 2015 kmarin

ceritanya bisa kuliah di Swedia, dulu pada 2013 saya bekerja di perusahaan swedia cabang Jakarta. lalu mendapat kesempatan di kirim training di cabang utama di Stockholm selama setahun. kala itu saya tidak tau apa2 tentang swedia. ternyata ketika sudah sampai disini, saya menemukan banyak hal baik dan bisa dipelajari di sini. Setelah pulang dan bekerja di cabang jakarta lagi selama setahun, saya mencoba bertanya pada kantor apa mungkin saya pindah ke cabang utama. karena kecil kemungkinannya, jadi saya mencoba cara lain, yaitu dengan belajar. mencari2 kampus dan beasiswa, alhamdulillah dapat, jadi langsung deh pindah ke stockholm pada 2015

Lalu kenapa sih harus belajar di Swedia? di website PPI Swedia saya pernah menulis materi ini, jadi bisa dibaca disini http://ppiswedia.se/masakini/kenapa-swedia/

BEASISWA ke Swedia

ada beberapa jenis beasiswa yang saya ketahui untuk belajar di Swedia. Dua yang paling terkenal adalah LPDP, dan Swedish Insitute (SI).

LPDP mungkin semua sudah tau ya. nah kalau SI itu adalah beasiswa dari pemerintah Swedia. besarannya kurang lebih sama dengan LPDP. dan sudah mencakupi biaya hidup dsini.

ada juga beasiswa yang diberikan oleh program, misalnya program erasmus. terkadang mereka memberikan beasiswa hanya di tuition fee, ada juga yang plus living cost.

ada juga beasiswa dari kampus. biasanya ini maksimalnya dengan 100% free tuition fee. bisa juga 50% diskon tuition fee dsb. jarang dari kampus memberikan beasiswa living cost.

satu jenis terakhir yang saya tau adalah beasiswa pendidikan dari kompetisi. seperti kampus saya mengadakan KTH Master Challenge. yaitu kompetisi pendidikan dengan pemenang pertama akan diberika beasiswa kuliah di sana.

Umumnya pendaftaran beasiswa2 ini sama seperti periode pendaftaran kampus, yaitu oktober-januari, untuk penerimaan september berikutnya

untuk beasiswa SI, bisa dibaca di tautan ini https://studyinsweden.se/scholarships/

Pengalaman dan kehidupan serta culture shock di Swedia —–

Disini nikmat banget sih hidupnya. semua teratur. alamnya lebih banyak daripada kota dan perumahannya. di kota pun banyak taman. udaranya bersih. di Stockholm banyak kanal air. 96% penduduknya berbahasa inggris. personal space luas, jadi meningkatkan kreatifitas. empat musimnya juga menginspirasi.

dingin nya sih banget. tapi kaya kata orang sini, “There are no bad weather, just bad kläder (clothes)”

walaupun begitu, orang swedia juga tidak suka dengan winter. mereka suka matahari, sehingga sedih kalau winter karena banyak gelapnya.

culture shock…mungkin di pelajaran yang sulit. bobotnya tinggi. atau bisa aja karena saya udah 6 tahun kerja jadi udah lupa sama fase belajar.

lalu di sulitnya bersosialisasi dengan orang swedia. karena mereka menghargai personal space, jadi jarang sekali akan memulai percakapan duluan.

kekagetan lain mungkin seperti puasa 20 jam di bulan ramadhan karena ramadannya musim panas sejak beberapa tahun terakhir

tapi bisa juga kok akhirnya hehe

—- Bagaimana proses mendapatkan LOA S2 dan S3 di Swedia ? ——

kalau S2, dimulai dengan mencari tau kampus mana dan program apa yang mau kita tuju. Ada 4 program yang kita bisa daftarkan sekaligus dalam satu aplikasi. 4 program tersebut bisa di satu kampus yang sama, ataupun 4 kampus yang beda. tapi tentunya nanti yang kita akan ambil satu dari empat itu (jika salah satunya diterima)

setelah ada list program tujuan kita, kita mengirim aplikasi melalui portal pendidikan universityadmissions.se

biaya pendaftarannya SEK900, atau sekitar IDR1,4juta

kalau S3 saya krg tau. tapi kayanya dimulai setelah mencari lowongan riset yang tersedia di kampus2. lalu mengkontak supervisornya, lalu setelah dia OK, baru kita mendaftar menggunakan universityadmissions.se juga

——- Keuntungan kuliah di Swedia —-

tadi uda saya kasih tautan ke tulisan saya di PPI Swedia. http://ppiswedia.se/masakini/kenapa-swedia/

kurang lebih nilai sosial nya bagus untuk dipelajari dan dibawa pulang. misalnya Lagom, sifat sederhana orang Swedia. toleransi. teknologi. juga inovasi dan wirausaha. tidak adanya kekerasan pada anak. dan alam

—- Memilih kampus dan program —–

sebenarnya saya tidak bisa menjawab ini. Karena saya termasuk orang yang lebih mengutamakan environmentnya daripada kualitas kampus nya. jadi waktu dulu saya berpikir untuk tinggal lebih lama di Stockholm dan di Stockholm kampus teknologi terbaiknya adalah KTH, jadi saya tidak crosscek apa apa. tapi kayanya itu jangan ditiru ya hehehe.

umumnya pelajar lain memerika ranking program dan kampus di ranking QS.

beberapa hari lalu ada teman bertanya, “lebih baik jurusan yang agak umum dan saya tidak terlalu prefer tapi kampus di kota besar, atau jurusan spesifik dan saya prefer tapi di kota kecil? di Swedia”

pertanyaan sulit ya. yang ini pasti bergantung pada masing2.

saya pribadi memilih yang pertama sih.

——- Kuota dari pemerintah Swedia untuk pelajar Indonesia —–

sejak 2 tahun terakhir, jumlah mahasiswa indonesia di Swedia terus meningkat. kampus dan badan pendidikan Swedia menjadikan Indonesia sebagai focus country. secara umum saya kira tidak ada batasan dari pemerintah swedia untuk mahasiswa Indonesia. tapi yang lebih membatasi adalah penerimaan kampusnya, karena tidak mudah-mudah banget untuk bisa diterima

tapi jumlah penerima beasiswa SI yang dari Indonesia tahun ini terbanyak dibanding negara lain, yaitu 22 pnerima beasiswa SI

—- Bagaimana menentukan beasiswa yang akan kita ambil jika tidak dapat beasiswa dari pemerintah Indonesia?  —–

Cari beasiswa lain 😉

kalau mau biaya sendiri juga bisa sih. kisaran biayanya SPP kampus saya satu semester sebesar SEK72500, atau IDR110 juta.

biaya hidup kurang lebih SEK5000 per bulan. atau IDR7.5 juta

——- Apa kuliah di Swedia harus bisa berbahasa Swedia? ——-

tidak. seperti saya bilang tadi, 96% penduduknya berbahasa inggris dengan baik. dan hampir semua kampus di Swedia, program S2 nya pakai bahasa inggris. termasuk untuk mahasiswa asli swedia.

nah kurang lebih itu aja materi dari saya. silakan pertanyaanyaaa

 

aku juga nulis untuk blog kampus KTH, bisa diliat di http://www.kth.se/blogs/satu/

dan tiap minggu sore jam 15-18 saya nyiar untuk radio PPI bawain materi tentang swedia www.radioppidunia.org

 

TANYA JAWAB

saya tertarik dengan uppsala university. apakah narasumber tau mengenai uppsala university? Apakah pernah ke uppsala university? Apa perbedaan antara KTH dan uppsala university? Apa KTH dan uppsala university itu dekat? Apakah sistem pendidikan univ di sweden itu semua sama ? Terutama untuk hal beasiswa juga. Apa saja yang narasumber tau tentang uppsala university? Karna saya sangat tertarik dengan uppsala university

Terima kasih pertanyaannya

Sayangnya saya ngga tau banyak tentang kampus uppsala. belum pernah kesana juga. jaraknya satu jam jika menggunakan kereta. Uppsala univ kampus tertua di Swedia. Dan beda dengan di Stockholm yang ada spesialisasi kampus (KTH = teknologi, Karolinska= kedokteran, Stockholm uni=social science), Uppsala bercampur banyak spesialisasi

sistem pendidikan kampus di swedia ngga semua nya sama. misalnya walaupun di semua swedia menggunakan sistem period didalam semester (1 semester = 2 periode), tapi bobot tiap program dan tiap kampusnya masih beda beda. di kampus KTH banyak pelajaran yang 1 periode saja berlangsungnya. sementara teman di uppsala ada pelajaran yang berlangsung 2 periode

1. Seberapa penting kh pengalaman kerja untuk melamar beasiswa di swedia ? 

2. Fresh graduate tanpa pengalaman kerja apakah bisa mndapatkn beasiawa di Swedia ? 

3. jenis pekerjaan sperti ap yg diinginkn pihak beasiswa di Swedia ? Apakh hrus relevan dgn jurusan kuliah ?

4. Saran untuk mahasiswa S1 aktif yg ingin mendapatkn beasiswa S2 di swedia ?

5. Jurusan keteknikan (teknik lingkungan) di univ2. swedia gimana kak ? Apakah termasuk kelas top dunia ?

Makasih

1. Oh iya betul saya lupa bilang. kalau salah satu syarat beasiswa SI itu harus ada pengalaman kerja 2 th minimal. kalau LPDP kayanya ngga harus deh. Lupa hehe Jadi penting banget pengalaman kerja. nah kalau baca syaraat2 daftar beasiswa, diliat juga apakah pengalaman organisasi bisa dianggap pengalaman kerja. kadang seperti itu soalnya

2. bisa saja.

3. betul, lebih relevan lebih menaikkan kemungkinan dapat beasiswa. tapi ini hanya perkiraan dan cerita dari teman-teman penerima beasiswa disini saja. karena secara aslinya saya ngga tau bagaimana proses pemberi beasiswa memilih penerima beasiswa

tips saya sih, daftar aja. nothing to lose jug akan

#juga kan

4. selain tips barusan, coba juga dari sekarang berorganisasi (apalagi organisasi sosial). dan tanya diri sendiri “saya mau bantu Indonesia ngga? tujuan akhir saya setelah belajar itu apa sih?” kalau mau, mulai di coret-coret rencana kasarnya. kalau yakin kita mau bantu Indonesia dan salah satu cara nya dengan menimba ilmu di Swedia, itu yang diinginkan LPDP dan beasiswa SI

pasti dapet beasiswa 🙂

5. saya ga bisa jawab, maaf. saya ga pernah crosscek ranking hehehe

tapi teknologi di Swedia untuk pelestarian lingkungan sih udah keliatan banget. ini bisa jadi indikasi kalau kampus tentang lingkungan disini itu uda bagus blm ya?

Saya kan dr jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, apakah S2 di tempat kak satu berkuliah apkh ad jurusan tsb?Lalu kiat ap yg sy lakukan secara teratur di semester 3 in,apakh hnya dengan kursus bahasa inggris saja ataukah disertai jg dengan Toefl,dll.Soalx utk mempelajari semuanya it secara teratur butuh waktu yg panjang,juga ksempatan..

di kampus saya ngga ada keguruan karena kampus teknologi, tapi saya kenal dua teman di Stockholm university yang ambil pendidikan.

untuk kiatnya, betul itu, bahasa inggris nya dilancarin aja. menurut saya conversation aja (untuk percakapan sama bule, dan juga menerima pelajaran di kelas) dan membaca tulisan bahasa inggris (artikel, riset orang, dsb), kalau untuk TOEFL nanti aja pas udah mau ambil TOEFL. hehe

dan tadi itu, terlibat sama organisasi ide yang bagus menurut saya.

1. Sy prnh dgr klo kuliah di KTH bs pilih program S2 yg tanpa thesis. Apa betul ka?

2. Utk dftr S2 apakh sm spt S3 yg hrs mncari lowongan riset dan supervisor trlebih dhlu?

3. Pndftrn kuliah di Swedia itu 1 pintu ya ka? Hnya di http://universityadmissions.se atau bs dftr ke univ tujuan masing2?

4. Kk brsedia ga utk share berkas pndftran S2 kk spti motivation letter, study plan, etc. ?

5. Stlh slesai S2, kirakira small help spti apa yg akn kk berikan for better Indonesia?

1. Saya belum pernah dengar soal itu. program 1 tahun dan 2 tahun yang saya tau akan ada thesisnya juga.

2. tidak, untuk S2 bisa langsung daftar aja ga perlu lowongan

3. betul satu pintu sistemnya.

4. bersedia tapi kepada individu bukan send to all
pertanyaan terakhir nya menarik 🙂

saya kepikiran untuk mencoba ngajar di daerah terpencil. selain menolong biar jakarta ga sumpek, saya pengen smacam ngasih contoh aja. dengan harapan temen2 lain ngikutin juga dan memeratakan pendidikan, ilmu, kesejahteraan dari kota ke desa

atau kalaupun di jakarta juga (walaupun sumpek tapi karena saya lahir dan besar di jakarta jadi cinta juga), saya mikir untuk terlibat di kegiatan sosial untuk target luar jakarta. selama ini saya udah lumayan aktif di beberapa komunitas sosial di jakarta. tapi saya rasa banyak di pelosok yang lebih memerlukan

Kak saya mahasiswa perikanan apakah universitas universitas disana (swedia) ada program S2 nya untuk yang mengarah ke perikanan gitu? Atau ilmu kelautan semacamnya? Makasih.

ada nih, namanya WMU World Maritime University http://www.wmu.se/

banyak anak indonesia disana. ada 1 organisasi (pemerintah atau bukan ya?) yang mengirim mahasiswa2 ini. dan dibeasiswa in

tp saya blm tau sejauh itu

Kak boleh info utk kampus yg bagus terkait environmental manajement atau semacam sustainable development di swedia?

Trus kk bilang ada yg bikin kaget ketika kuliah disana padahal kk kan alumnus malaysia yg culture belajarnya beda dgn indo. Sejauh apa sih gap dan culture akademiknya.

Halo

nah ini salah satu bukti Swedia itu “Sustainable abis” , hampir semua kampus (apapun spesialisasi kampusnya) pasti ada jurusan tentang sustainability nya

misalnya KTH ada teknologi sustainability, ada juga arsitektur-planning-sustainability,

saya ga tau yang terbaik yang mana hehe. kalo ide saya sih, daftarin aja di 3 kampus, pasti salah satu nya diterima, dan anggap itu petunjuk dari surga untuk jalan kita selanjutnya hehehe

yang tentang gap dan kultur saya kurang jelas pertanyaannya, bisa diperjelas?

Di web knpa swedia yg kk tulis

Disitu kk kaget ketika ke swedia

Terkait academic culture

Padahal kk kan alumnus malaysia which is better than indo for educationnya

aku ga yakin malaysia lebih bagus dr indo. setidaknya kampus ku waktu itu, lumayan mudah dapat nilai bagusnya. tentunya itu bukan jadi patokan juga ya

kagetnya tentang sistem semster jadi periode. jadi mungkin di awal studi kmrn aku meremehkan “ah ini satu semster ini, skrg masih minggu ke 5, masih aman” , kemudian minggu ke 13 uda exam hehehe

dan susah banget pelajarannya, itu kekagetan terutama

Aku rencana mau bawa kelurga kak. Apa swedia provide free tuition jg untuk foreigner kayak bbrp negara europe. Baik utk sd-sma/ kuliah.

pertanyaan bagus. betul sekali, kalau kita tuition fee paying student (beasiswa = bayar spp), haknya disamakan dengan pembayar pajak. yaitu biaya kesehatan dapet gratis, isttri dan anak bisa sekolah gratis

1. Apakah di KTH mengadakan short course tidak ka? 

Kalau ada biasanya program apa saja ya ka?

2. Untuk belajar disana harus ada ielts atau toefl ka?

Atau tergantung permintaan kampusnya ka?

Terima kasih pertanyaannya,

1. Ada. teman saya ikut short course sewaktu summer di KTH. programnya sih IT. saya blm tau program apa aja. hm….saya jadi malu. harausnya saya tau ya hehe

2. scara umum sih bunyi peraturannya, “jika kampus anda tidak menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris, wajib ada IELTS atau TOEFL”

nah tapi karena kita ngga yakin apakah KTH tau kampus kita full english dan diakui disana, saran saya sih ambil aja IELTS, biar aman

Kampus Matematika Terapan terbaik di Swedia apa?

Beasiswa SI meng-cover apa aja kak? Bagaimana kandidat yg mereka terima?

maaf saya kurang tau kampus terbaik untuk matematika terapan. Beasiswa SI hanya SPP kampus dan biaya hidup SEK9000 per bulan. itu aja. tp itu lebih dr cukup kok jumlahnya. Kandidat yang mereka terima beragam sekali, dan saya ngga tau kategori milihnya

1.sya baca tdi teknologi lingkungan di swedia sudah maju sekali, yang ingin sya tanyakan apakah teknologi lingkungan diswedia  kemajuan sudah mencakup kemajuan juga pada  pengolahan limbah perusahaan -perusahaan ?

2.kak apakah di kampus KTH ada jurusan yang berkaitan dengan safety health environments(SHE)

1). Iya betul, disini perusahaan duduk bareng sama pemerintah untuk menyelesaikan masalah limbah SEBELUM pembangunan dan perusahaannya memulai industri. dua minggu lalu saya ada kelas kunjungan ke organisasi Symbiocity (http://www.symbiocity.org/ ) , keren banget perancangan kota nya. menuju 99% sustainable kata mereka

https://www.youtube.com/watch?v=rFhlqKPzdRM

2. Saya kurang tau, maaf ya 😦

Berkaitan ttg free tuition apakah kita jg harus bayar pajak spy bs dpt berbagai fasilitas tsbt? Atau akan dibayarkan pihak pemberi beasiswa, shg kita bs bawa keluarga n bs sekolah disana.

Trima kasih kak satu

karena kita uda bayar SPP (biaya sendiri ataupun dibayarin beasiswa) kita uda masuk kategori pembayar pajak lewat SPP itu. dan ga harus bayar lagi kecuali kita ada pemasukan lagi di Swedia
anak dan pasangan uda jaadi satu sama kita, jadi bisa nikmatin fasilitas sekolah dan kesehatan gratis

Aku itu kan lg studi S1 ilmu kesehatan tepatnya prodi Fisioterapi. Kalo di Sweden kampus Yg bagus d dunia kesehatan apa sih Kak? 

Nah terus kan S2 murni fisio d Indo itu ga ada, apakah d Sweden ada?

kampus kesehatan paling bergengsi di Swedia kayanya Karolinska Institute deh. di cek lagi ya tapi. katanya rankingnya tinggi banget. kalo fisio saya kurang tau ada apa ngga

 

Ma’af teman2 saya memberi saran

1. Mengenai jurusan atau program studi terbaik dunia teman2 bisa lihat di QS Rangking atau THE. Setelah itu kunjungi web kampusnya, mereka menawarkan kurikulim seperti apa ? Atau matakuliah seperti apa. Universitas terbaik bagi saya, adalah universitas yang memiliki reputasi tinggi seperti pengaja, dampak mahasiswa setelah lulus, hasil penelitian yang berguna dan bagus dan juga ada kontribusi terhadap ilmu tersebut. Kadang universitas juga berpengaruh pada lingkungan sekitar mungkin karena universitas bekerjasama  dgn pemerintah dan industri.

2. Mengenai beasiswa, begitu banyak beasiswa, saya sangat setuju dgn seorang yang telah diterima di univ top dunia yaitu harvard. Beliau memaparkan bahwa kita jangan terlalu fokus pada beasiswa, tapi pada personal kita yaitu kelayakan kita untuk dapat diterima diuniv top dunia. Selama saya baca artikel atau ngobrol dgn mas/mbak yang telah diterima diuniv top. Banyak dari mereka menyarankan pengalaman organisasi dan minat kita.


Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.